6 Makanan Ikan Oscar biar Cepat Besar

6 Makanan Ikan Oscar biar Cepat Besar

6 Makanan Ikan Oscar biar Cepat Besar

6 Makanan Ikan Oscar biar Cepat Besar
6 Makanan Ikan Oscar biar Cepat Besar

Butuh rekomendasi makanan ikan oscar supaya cepat besar? Ikan oscar merupakan ikan air tawar yang sering dijadikan sebagai ikan hias. Oleh para pemiliknya, ikan ini biasanya dipelihara di dalam akuarium. Sebagai binatang karnivora, ikan oscar hanya mau memakan pakan yang tergolong daging-dagingan.

Setelah menetas dari telurnya, burayak ikan oscar tidak perlu diberikan pakan komplemen terlebih dahulu selama 3-5 hari sebab masih mempunyai cadangan makanan di dalam perutnya. Barulah setelah kantung kuning telur tersebut habis, Anda bisa memberinya pakan berupa infusoria atau rotifera. Kemudian pada hari kesepuluh, cobalah berikan kutu air yang telah disaring untuk memacu pertumbuhannya. Berikut ini beberapa rekomendasi pakan untuk ikan oscar cerdik balig cukup akal untuk meningkatkan pertumbuhannya semoga cepat besar!

Cacing Sutera

Cacing sutera merupakan sebangsa cacing yang hidup di dalam air. Beberapa orang juga menyebutnya sebagai cacing rambut, cacing darah, cacing got, atau cacing tubefifex. Cacing ini memiliki ukuran yang sangat lembut dan berwarna merah muda. Kandungan protein yang tinggi pada cacing sutera bisa mempercepat pertumbuhan ikan oscar.

Udang

ikan hiu megalodon – Di kalangan penghobi ikan hias, udang dikenal sebagai pakan yang sangat cantik diberikan untuk ikan-ikan peliharaan. Pemberian udang secara berkelanjutan bisa mencerahkan warna pada badan ikan. Hal ini dikarenakan udang mengandung zat karoten yang sangat tinggi. Udang sebaiknya diberikan setelah ikan oscar sudah memasuki masa juvi sehingga cangkang dan kepalanya tidak membahayakan ikan oscar.

Kelabang

Sama ibarat udang, kelabang juga bisa meningkatkan kecerahan warna pada badan ikan oscar. Bahkan beberapa penghobi percaya jika pakan ini pun dapat membuat ikan oscar menjadi semakin garang. Sayangnya sulit menemukan penjual yang menjajakan kelabang untuk keperluan makanan ikan. Kaprikornus mau tidak mau Anda pun harus mencarinya sendiri. Kebanyakan kelabang tinggal di lingkungan yang kering namun memiliki kelembaban yang tinggi ibarat di balik tumpukan batubata.

Jangkrik

Ikan oscar peliharaan Anda sedang merasa tidak nafsu makan? Cobalah atasi permasalahan tersebut menggunakan jangkrik. Anda bisa menggunakan jangkrik sebagai makanan alami untuk menaikkan nafsu makan pada ikan. Usahakan gunakan jangkrik yang kondisinya masih hidup semoga ikan oscar lebih tertarik untuk melahapnya.

Ulat Jerman

Selain digunakan sebagai makanan burung peliharaan, ulat jerman pun dapat dipakai untuk pakan ikan oscar kesayangan Anda. Memiliki badan yang gemuk dan berair, ulat jerman banyak mengandung lemak dan protein. Bisa disimpulkan sendiri bahwa pakan yang satu ini memang sangat cantik untuk meningkatkan pertumbuhan ikan oscar.

Anakan Ikan

Ada suatu masa ikan oscar benar-benar merasa tidak bergairah. Hal ini ditandai dengan gerakannya yang lambat, tetapi kondisi tubuhnya tidak memperlihatkan adanya tanda-tanda suatu penyakit. Untuk meningkatkan kembali semangat pada ikan tersebut, Anda bisa memberinya pakan berupa anakan ikan mas yang masih hidup. Biarkan ikan oscar Anda memburu ikan tersebut. Namun bila Anda merasa tidak tega terhadap anakan ikan mas tadi, Anda bisa menggantinya dengan katak yang berukuran kecil.