8 Jenis Soal Psikotes yang Sering Digunakan dalam Rekrutmen

8 Jenis Soal Psikotes yang Sering Digunakan dalam Rekrutmen

jenis soal psikotes
Saat melamar kerja, ada beberapa tahapan yang harus dilalui, salah satunya adalah tes psikologi. Berikut ini jenis soal psikotes yang wajib kamu kuasai.

Dalam proses rekrutmen karyawan, HRD perusahaan biasanya akan menilai karakter dan kemampuan calon karyawan menggunakan soal psikotes.

Sayangnya, tidak sedikit calon karyawan justru gagal menunjukkan potensi dirinya karena tidak mengenal macam-macam soal psikotes dan fungsinya.

Lantas, soal psikotes apa saja yang biasanya digunakan perusahaan saat merekrut karyawan? Berikut ini 8 macam soal di antaranya

Soal Psikotes untuk Calon Karyawan

1. Analog Verbal Test

soal psikotes Analog Verbal Test
Sumber gambar: Konsultan Psikologi Jakarta

Soal psikotes ini berfungsi untuk mengetahui kemampuan kamu menghadapi suatu masalah. Bagaimana kamu melihat sebab dan akibat.

Biasanya soal tes ini sebanyak 40 butir dengan berbagai analog, sinonim, dan antonim dari sebuah kata.

Untuk mengerjakan tes ini, tentu kamu harus mempelajari berbagai perbendaharaan kosakata dan artinya. Kamu harus mempelajari soal sinonim, antonim, analog, dan korelasi makna.

Penggunaan logika adalah kunci untuk mengerjakan tes ini. Tentu kamu juga harus konsentrasi penuh saat mengerjakan, ya!

 

2. Logika Algoritma

Buat kamu yang menyukai angka atau hitung-hitungan, tentu akan menyukai soal psikotes ini. Dalam tes ini akan disajikan deretan angka yang memiliki pola.

Tentu kamu harus memahami pola tersebut. Polanya dapat berupa urutan, loncatan, atau pengelompokan secara berurutan

Angka-angka tersebut dapat dipecahkan melalui penjumlahan, perkalian, pengurangan, pembagian, persentase, dan sebagainya.

Tes penalaran logika algoritma ini berfungsi untuk mengetahui kemampuan kamu dalam menganalisis suatu pola tertentu.

3. Logika Penalaran

soal psikotes Logika Penalaran

Tes logika penalaran ini berfungsi untuk mengukur kemampuan kamu dalam menganilas permasalahan dan kecepatan dalam mengambil keputusan.

Soal psikotes ini memiliki konsep yang sama dengan logika algoritma. Perbedaannya adalah pada tes ini menggunakan gambar 2 dimensi atau 3 dimensi.

Tentu kamu harus teliti dalam mengerjakan soal ini karena gambar-gambar yang disajikan bisa menjebak kamu, Toppers!

Kalau kamu menemukan kesulitan dalam mengerjakannya, sebaiknya kerjakan yang mudah terlebih dahulu karena waktu kamu terbatas.

4. Kraepelin/Pauli

soal psikotes Kraepelin/Pauli

Tes ini juga dikenal dengan nama tes koran. Pada tes ini kamu akan diminta untuk melakukan penghitungan terhadap angka-angka yang disusun secara vertikal.

Tes Kraepelin/Pauli bertujuan untuk melihat kecepatan, konsistensi, dan ketelitian kamu, Toppers.

Kalau kamu menjawab dengan sedikit kesalahan, hal itu dapat menggambarkan bahwa kamu orang yang memiliki daya tahan tinggi terhadap tekanan.

 

5. EPPS

soal psikotes EPPS
Kepanjangan dari EPPS adalah Edward Personal Preference Schedule. jenis soal psikotes ini berfungsi untuk menilai kepribadian dan karakter kamu. Tidak ada yang benar dan salah dalam jawaban ini.

Jawablah seluruh pertanyaan di tes psikotes ini dan pilihlah jawaban yang paling sesuai dengan diri kamu, Toppers.

6. Army Alpha Intelegence

soal psikotes Army Alpha Intelegence

Tes ini terdiri dari soal kombinasi dari angka dan kombinasi. Pada tes ini, biasanya soal yang satu dengan soal yang lainnya berkaitan.

Para Penguji biasanya hanya memberikan instruksi sekali saja. Maka dari itu, kamu harus teliti dalam mengerjakan soal ini.

Soal psikotes ini berfungsi untuk mengukur kemampuan daya tangkap kamu, memahami perintah, dan melaksanakan perintah.

7. Draw A Man

soal psikotes Draw A Man

Jenis soal psikotes satu ini berfungsi untuk mengetahui seberapa percaya diri, stabilitas, dan tanggung jawab kamu dalam bekerja.

Kamu akan diminta untuk menggambar seseorang dan mendeskripsikannya secara detail.

Kamu enggak harus pintar menggambar, kok, untuk mengerjakan tes ini. Tips mengerjakan tes ini adalah sebaiknya kamu menggambar diri kamu sendiri beserta deskripsi yang lengkap.

Misalnya kamu seorang perempuan, maka kamu bisa menggambar perempuan. Begitu juga dengan laki-laki.

Gambarlah dengan detail dan utuh. Kalau kamu ingin menggambar seorang dokter, gambarlah lengkap dengan pakaian dinas dan aktivitas yang biasa dokter lakukan..

8. Tes Wartegg

soal psikotes Tes Wartegg

Penemu tes Wartegg adalah Ehrig Wartegg. Pada tes ini kamu akan menemukan soal psikotes dengan berbagai 8 pola kotak yang berbeda. Kamu akan diminta untuk sesuai dengan imajinasi kalian dengan pola tersebut.

Jangan terlalu terburu-buru saat mengerjakan tes ini. Pahami pola-pola terlebih dahulu. Tes ini berfungsi untuk mengukur kemampuan kamu dalam menyelesaikan masalah dan beradaptasi, dan keuletan.


Sumber : https://rumusguru.com/contoh-soal-psikotes/