Alat Pemadam Kebakaran

Alat Pemadam Kebakaran

Banyak orang yang kurang menyadari bahaya kebakaran yang semakin meningkat setiap tahun. Ini diperlukan jika terjadi kebakaran di rumah atau gedung.

Setiap keluarga membutuhkan api, terutama untuk memasak. Seringkali, kebakaran terjadi karena kelalaian atau korsleting. Penangan yang terlambat akan membuat api semakin besar dan lebih sulit dikendalikan.

1. Alat pemadam api berat (gerobak)

Gerobak Pemadam Kebakaran merupakan salah satu model dari alat pemadam kebakaran, biasanya gerobak ini disebut juga Alat Pemadam Api Ringan (APAB) untuk APAB ini yang ukurannya lebih dari 20kg dan dilengkapi dengan roda.

Troli Pemadam Kebakaran Type ABC Powder memiliki dua jenis tabung yaitu, tabung pemadam api pressure cart dan tabung pemadam api berbentuk silinder. Perbedaan antara kedua model:

Pemadam Kebakaran Model gerobak bertekanan untuk mengeluarkan isi serbuk dengan menggunakan gas N2 dan gas N2 dalam satu tabung.
Model Trolley Pemadam Kebakaran Trolley penambah tekanan silinder untuk menghilangkan kandungan serbuk menggunakan gas CO2, dan tabung gas CO2 dipisahkan dari tabung yang berisi serbuk. Jadi ada dua tabung dalam satu gerobak: satu tabung besar bubuk ABC dan satu tabung kecil CO2, yang berfungsi sebagai penggerak tekanan untuk bubuk ABC.

2. Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR)

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) adalah alat pemadam api portabel karena kekompakan dan kepraktisannya.

oleh karena itu mudah untuk dipindahkan dan dibawa ke mana-mana. Fungsi dari Alat Pemadam Api Ringan sendiri atau alat pemadam api portabel adalah untuk mengatasi sumber api atau api yang masih dapat dikendalikan.

APAR atau Alat Pemadam Kebakaran terdiri dari beberapa jenis media seperti:

Bubuk kimia kering / Bubuk kimia kering
Karbon dioksida / CO2
Busa AFFF / Busa Cair
Haloon Gratis / Pengganti Haloon

Ada alasan mengapa APAR atau Alat Pemadam Api Ringan dibuat dengan ukuran ini, yaitu untuk memudahkan masyarakat dalam merespon dengan cepat dan mudah kebakaran dini saat terjadi kebakaran. Alat pemadam api ringan sangat cocok digunakan di setiap rumah untuk meminimalkan resiko kebakaran.
Bubuk kimia kering untuk pemadam api / bubuk kimia kering

Serbuk kimia kering adalah serbuk yang dibuat dari campuran bahan kimia yang sudah berukuran sebelumnya dan diolah untuk menghasilkan serbuk yang dapat memadamkan api dengan pertolongan pertama pada saat terjadi kebakaran kecil.
Serbuk kimia kering (chemical powder) yang digunakan di ruang terbuka cocok ditempatkan di tempat yang aman dan nyaman digunakan, seperti pos keamanan di perusahaan, supermarket, rumah sakit, toko, pasar industri, pabrik, dll.
Alat Pemadam Kebakaran Karbon Dioksida CO2

Alat pemadam kebakaran karbondioksida (CO2) merupakan alat pemadam kebakaran yang menggunakan bahan pemadam karbondioksida (CO2) sebagai bahan pemadam. Alat ini mampu menahan api yang lebih besar jika kebakaran tersebut disebabkan oleh korsleting atau korsleting.
Pemadam Api Bebas Halon / Penggantian Halon

Alat Pemadam Kebakaran Haloon ini sangat terkenal karena sangat cocok digunakan pada hampir semua jenis peralatan pemadam kebakaran, termasuk kebakaran yang berhubungan dengan berbagai peralatan listrik dan peralatan komputer.