Astronomi Radio

Astronomi radio

Bagi kebanyakan dari kita, gagasan tentang astronomi adalah sesuatu yang kita kaitkan secara langsung dengan “astronomi”, teleskop, dan langit yang besar. Dan tentu saja, bidang astronomi yang mengasyikkan itulah yang bertanggung jawab atas popularitasnya yang luar biasa. Bagi yang belum tahu, gagasan “astronomi radio” tampak aneh. Ada dua alasan. Pertama, orang jauh lebih visual daripada audio.

Dan yang kedua adalah bahwa astronomi radio tidak benar-benar melibatkan “pendengaran” kosmos, kecuali sejauh para ilmuwan yang menggunakan bentuk “pengamatan bintang” yang canggih ini tidak bergantung pada studi visual dalam pekerjaan mereka.

Untuk memahami apa yang benar-benar menarik tentang astronomi radio, pertama-tama kita perlu mengubah cara berpikir kita tentang astronomi. Untuk astronom profesional, mempelajari alam semesta lebih tentang frekuensi daripada dokumentasi visual dari fenomena. Ini membawa kita kembali ke Fisika 101.

Cahaya jelas merupakan fenomena fisik yang memungkinkan kemampuan kita untuk menggunakan sistem konfirmasi visual kita misalnya. mata kita menghargai sesuatu, dalam hal ini bintang. Jadi saat kita melihat ke langit, kita bisa melihat cahaya yang berasal dari bintang atau pantulan dari planet atau bulan. Dalam banyak kasus, kita benar-benar melihat bintang yang jauh ratusan atau ribuan tahun yang lalu karena butuh waktu lama bagi cahaya itu untuk melewati alam semesta dan terlihat di langit kita. Ini sendiri adalah ide yang cukup membingungkan.

Tapi cahaya itu sendiri adalah zat yang agak aneh. Namun, bagi para astronom kita, cahaya hanyalah energi lain yang ada pada frekuensi tertentu. Sekarang kita cenderung memikirkan frekuensi ketika kita berbicara tentang gelombang suara. Secara ilmiah, cahaya, energi dan suara hanyalah beberapa bentuk dari hal yang sama, frekuensi energi yang memancar dari suatu sumber.

Kami sekarang belajar mengapa astronomi radio sangat diperlukan. Rentang frekuensi yang menempati cahaya dalam spektrum frekuensi yang luas sangat kecil. Lebih jelasnya, kita hanya bisa “melihat” sebagian kecil dari alam semesta yang sebenarnya ada. Sekarang ketika Anda melihat langit malam dan itu sangat luar biasa, ketika Anda melihat bahwa kita hanya melihat sebagian kecil dari bintang jatuh atau apa yang sebenarnya terjadi di sana, pikiran kita bisa tenggelam sepenuhnya lagi.

Astronomi radio menggunakan sensor canggih untuk memeriksa SEMUA frekuensi energi yang datang kepada kita dari kosmos. Dengan cara ini para ilmuwan ini dapat “melihat” segala sesuatu yang terjadi di sana dan memiliki gagasan yang jelas tentang seperti apa bintang-bintang itu, bagaimana mereka akan berperilaku sekarang, dan bagaimana mereka akan berperilaku di masa depan.

Bagi sebagian dari kita yang pernah mendengar astronomi radio, kita ingat untuk “mendengarkan” tanda-tanda kehidupan di alam semesta. Dan ya, SETI atau “pencarian kecerdasan luar angkasa” adalah bagian dari astronomi radio, meskipun minimal. Yang jauh lebih penting, bagaimanapun, adalah bagaimana astronomi radio telah memungkinkan para astronom yang serius (yaitu mereka yang dibayar untuk melakukannya) untuk mempelajari bintang yang berjarak beberapa tahun cahaya, untuk mempelajari lubang hitam. yang tidak pernah bisa kita lihat dengan teleskop kita, dan juga penelitian dan pengumpulan data di seluruh alam semesta yang tidak mungkin diketahui dan dipahami.

Ini adalah pekerjaan penting yang berlanjut di dunia astronomi. Layak untuk mengikuti dan mengetahui lebih banyak tentang hal ini, karena kita baru saja menggores permukaannya dalam diskusi singkat kita hari ini. Memahami pentingnya radio astronomi hanya akan memperdalam dan membuat cinta dan pemahaman Anda tentang bidang pengetahuan yang luas ini yang dikenal sebagai astronomi lebih bermakna.