Cara Budidaya Ikan Bawal Dalam Kolam Terpal Bagi Pemula Supaya Berhasil

Cara Budidaya Ikan Bawal Dalam Kolam Terpal Bagi Pemula Supaya Berhasil

Cara Budidaya Ikan Bawal Dalam Kolam Terpal Bagi Pemula Supaya Berhasil

Cara Budidaya Ikan Bawal Dalam Kolam Terpal Bagi Pemula Supaya Berhasil
Cara Budidaya Ikan Bawal Dalam Kolam Terpal Bagi Pemula Supaya Berhasil
jadi satu diantara usaha yang cukup menguntungkan sebetulnya. Ikan bawal sendiri satu diantara ikan air tawar yang banyak disenangi serta banyak di proses jadi ikan bakar di beragam warung makan atau pun di restoran. Banyak permintaan ikan bawal fresh ini buat pengusaha budi daya ikan bawal sangatlah di untungkan. Terlebih saat ini tak perlu tempat yang luas untuk lakukan budi daya dikarenakan dapat dijalankan dengan memakai terpal. Cara budidaya ikan bawal air tawar di kolam terpal tak memerlukan ongkos yang mahal serta area yang luas. Tanpa ada mesti buat kolam semen atau tanah dahulu bisa pula segera di buat dengan terpal. Pembuatan kolam ini bisa dapat dikerjakan didalam rumah tidak mesti di halaman rumah.

Pembutan Kolam Terpal

Persiapan kolam diawali dari pembuatan kolam terpal. Sesudah kolam terpal usai di buat , masukan air sesuai sama keperluan. Ingat janganlah terlampau penuh. Diamkan sepanjang kira-kira 3 hari baru kolam siap dipakai untuk penebaran bibit ikan bawal.

Tentukan Benih Yang Tepat

Kunci berhasil budidaya ikan bawal di kolam terpal di antaranya yakni dari penentuan bibit ikannya. Bibit ikan bawal mesti diambil yang berkwalitas. Ukuran bibit ikan bawal yang ideal dipakai dalam budi daya yakni kira-kira 5 hingga 8 cm. Saat sebelum bibit ini ditebar di kolam , baiknya dikarantina dahulu di bak serta di tetrasiklin terlebih dulu sepanjang 3 hari sembari menanti persiapan kolam untuk di tebar bibit bawal.

Kerjakan Pendederan Dengan Tepat

Dalam pendederan juga mesti dikerjakan dengan pas agar hasil budi dayanya dapat besar serta sehat. Untuk kolam terpal pendederan , baiknya dikerjakan dengan jumlah 100 hingga 150 ekor untuk tiap-tiap meternya. Air yang ada di dalamnya juga mesti di perhatikan , awal pendederan tinggi air upayakan 30 hingga 40 cm saja.

Proses Pembesaran Harus Diperhatikan

Sistem pembesaran dalam budidaya ikan bawal di kolam terpal ini lebih kurang memerlukan saat seputar 4 bln. degan ukuran benih seputar 5 hingga 8 cm.

Perhatikan Pemberian Pakan Dan Pakan Tambahan

Dalam pemberian pakan juga mesti di perhatikan mulai dari penentuan pakan , saat pemberian pakan , sejumlah pakan , serta frekwensi pemberian pakan. Pakan yang dipakai yaitu palet yang telah jadikan tepung dengan saat pemberian makan 4 kali dalam satu hari yakni pagi , siang , sore , serta malam. Jumlah pakan yang didapatkan juga sesuai dengan jumlah ikan serta berat tubuh ikan. Upayakan 30% pakan yang didapatkan memiliki kandungan protein untuk ikan. Pakan dapat diberikan lewat cara disebar segera dengan tangan maupun dengan alat.
Lakukan budidaya ikan bawal memanglah tak terlalu susah. Bibit yang dibutuhkan juga sesuai dengan ukuran kolam. Ongkos produksi untuk budi daya ikan bawal sendiri banyak di peruntukan untuk kebutuhan pakan ikan bawal. Nyaris 60% ongkos produksi dapat habis cuma untuk beli pakan ikan bawal , sedang lainnya dipakai untuk pembelian bibit serta persiapan alat untuk bikin kolam. Dalam lakukan budidaya ikan bawal di kolam terpal air terus harus di perhatikan. Agar oksigen di air berkwalitas , sebaiknya dikerjakan pergantian air lewat selang. Jadi , ada air masuk serta air keluar dengan cara berkala didalam kolam.
sekian bahasan kita tentang cara budidaya ikan bawal kolam terpal semoga dapat menjadi panduan bagi anda yang berminat melakukan usaha budidaya ini , semoga bermanfaat.