Cara-Cara Membina Kerjasama

Cara-Cara Membina Kerjasama

Cara-Cara Membina Kerjasama

Cara-Cara Membina Kerjasama
Cara-Cara Membina Kerjasama

Ada beberapa cara untuk membina kerjasama supaya dapat berjalan secara lebih baik dan sesuai dengan yang diharapkan:

a. Tentukan tujuannya

Kenapa kerjasama tim harus di bentuk, atau mengapa harus dilakukan kerjasama? Apa saja yang bisa didapatkan dari kerjasama tersebut? Mungkin itu merupakan beberapa pertanyaan yang bisa diajukan sebelum bergabung atau mengikuti kerjasama. Karena dengan tujuan yang jelas, kegiatan dalam kerjasama akan berjalan secara lebih teratur dan lebih baik sesuai dengan yang diharapkan.

b. Siapkan profil

Jika kamu akan bergabung dengan sebuah kerjasama tim, maka gali materi-materi tentang diri kamu dan gali juga latar belakang tentang diri kamu, termasuk hal-hal apa saja yang menarik tentang diri kamu sendiri.

c. Buat kesan yang positif

Buat kesan yang baik atau positif saat kamu mulai bekerjasama dengan sebuah tim dan teruslah pertahankan.

d. Hargai setiap pendapat dan kebiasaan rekan kerja

Setiap individu pada organisasi pastinya memiliki kebiasaan yang berbeda-beda terutama dalam mengemukakan pendapat. Jadi setiap individu saat melakukan kerjasama harus bisa menghargai dan menghormati seriap pendapat individu yang lainnya, supaya kerjasama yang dilakukan dapat terjalin secara harmonis dan berjalan secara baik tentunya.

e. Selalu fokus pada kualitas

Boleh-boleh saja kamu membuat jaringan kerjasama yang banyak dengan siapa saja, tapi utamakan kualitas bukan kuantitas, terutama kualitas dalam bekerja.

f. Tawarkan bantuan

Jangan ragu untuk menawarkan bantuan, jika memang kamu merasa sanggup untuk membantu orang lain saat bekerjasama.

g. Tunjukan antusiasme

Tunjukan antusiasme bahwa kamu senang bisa bekerjasama dan mengenal orang-orang pada organisasi/lembaga tersebut, lakukanlah hal itu dengan tulus. (https://dosen.co.id/)