Cara Melakukan Defrag di Windows 10

Cara Melakukan Defrag di Windows 10

 

Cara Melakukan Defrag di Windows 10
Cara Melakukan Defrag di Windows 10

NGONOO.com – Pada kesempatan kali ini aku mau ngebahas mengenai tips sederhana namun penting dilakukan,

yakni melakukan defragmentasi pada Windows 10. Proses defragmentasi memiliki peran penting dalam menunjang kinerja sebuah PC, dengan melakukan proses defrag pada PC, berati kita sudah menata sistem yang sedang berjalan dan proses defrag juga mempengaruhi kinerja sebuah PC, bisa jadi sistem Windows 10 berjalan dengan sangat stabil dan lebih cepat.

Cara untuk melakukan defragmentasi pada Windows 10 terbilang sangat mudah gaes, kalau kita terbiasa dengan OS

Windows XP, Windows 7 dan Windows 8. Pada Windows 10 kita bisa menemukan program defragmentasi ini di menu Windows Administrative Tools. Kebetulan, aku sudah cukup lama tidak melakukan defragmentasi, langsung aja yuk kita lakukan defrag sistem sekaligus drive data yang ada pada PC kita.

1. Pertama masuk ke menu All Apps > Scroll ke bawah hingga ketemu Windows Administrative Tools > Defragment and Optimize Drive

2. Lebih baik kita Analyze terlebih dahulu sebelum melakukan defrag. Disini aku melakukan defrag untuk drive C terlebih dahulu, karena pada drive ini terdapat sistem Windows 10 dan beberapa program yang berjalan. Lamanya proses Analyze dan defrag tergantung dari banyaknya jumlah data/file yang terdapat pada drive tersebut, jadi semakin banyak data, proses defrag juga akan memakan waktu yang lama.

4. Jika proses Analyze sudah selesai, sekarang kita lanjutkan dengan Optimize, maka proses defragment sedang

berjalan. Udah deh, kamu tinggal beli makan di warung juga gak papa, biarkan proses defrag berjalan dengan sendirinya.

5. Udah selesaikan? Ketika proses defrag pada drive C sudah selesai, kamu bisa memiliki drive lain yang ingin kamu defrag, lakukan dengan cara yang sama seperti diatas.

 

Gimana, mudahkan? Sekarang kamu bisa langsung mencobanya di PC yang menjalankan Windows 10. Selamat mencoba ya! 🙂

Baca Juga: