CARA MENGATASI SUSAH TIDUR

CARA MENGATASI SUSAH TIDUR

Susah Tidur karena sebab dan alasan tertentu, semua orang pasti pernah mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari atau sering di sebut insomnia.

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Namun tidak perlu khawatir, karena dengan beberapa tips sederhana berikut anda bisa mendapatkan tidur yang lebih baik daripada malam-malam sebelumnya.

1. jangan gunakan tempat tidur sebagai ruangan serba-guna

Beberapa orang memiliki kebiasaan untuk menggunakan kamar tidur sebagai ruangan serbaguna, seperti untuk menonton tv, bekerja, game dsb. karena alat elektronik seperti televisi, komputer, atau gadget bisa memberikan signal kepada otak agar ‘tidak tidur’.

Jangan tempatkan barang-barang tersebut di dalam kamar tidur, dan gunakanlah sebelum waktu tidur anda. Lebih jauh lagi, jangan jadikan kamar tidur sebagai tempat kerja,karena biasanya anda akan merasa terbebani dengan permasalahan permasalahan di kantor tempat anda kerja sehinga anda memiliki pikiran harus selalu bekerja untuk menyelesaikan permasalahan di kantor,Menyelesaikan masalah pekerjaan memang hal yang sangat penting tapi jangan sampai mengabaikan kesehatan diri kita dengan begadang dan memikirkan pekerjaan. karena alasan tadi dapat mengganggu tidur anda dan ketenangan jiwa anda.

2. Pastikan kamar tidur anda tenang, sejuk dan nyaman

Tempat yang sejuk lebih memungkinkan anda cepat tertidur. Juga, mengurangi akses terhadap cahaya dan suara berarti mengurangi pengganggu tidur. Dengan kondisi tersebut, kamar tidur menjadi tempat nyama dan membuat tubuh menjadi rileks, sehingga menjadikan tidur lebih berkualitas.

3. Hindari alkohol, kafein dan nikotin sebelum tidur

Kopi, teh, coklat dan minuman soda dapat menstimulasi tubuh untuk tetap terjaga. Itu karena minuman/makanan tersebut mengandung kafein.Kafein merupakan salah satu zat alami yang berfungsi sebagai stimulan sistem saraf dalam tubuh manusia. Kafein merupakan zat stimulan yang legal dan tidak ada aturan hukum yang mengaturnya. Sebaiknya jangan mengkonsumsinya sekitar 4-6 jam sebelum waktu tidur anda. Begitu pula dengan nikotin dan alkohol.

4. Lewatkan tidur siang

Semakin lama tubuh terjaga, semakin mudah pula tubuh akan tertidur. Oleh karena itu, jangan gunakan waktu di siang hari untuk tidur karena akan mengganggu waktu tidur di malam hari.

5. Ciptakan ritual tidur anda sendiri

Anak kecil biasanya memiliki ritual tidur seperti dibacakan dongeng dan lain-lain, begitu pula halnya untuk orang dewasa. Ciptakan ritual untuk diri anda sendiri seperti mendengarkan musik slow/ringan, membaca,karena dengan membaca membuat mata jadi lelah sehinga membuat pembaca ingin cepat cepat tidur seperti yang biasa saya lakukan hehe

6. Buatlah rutinitas tidur
Pola tidur 7-8 jam di malam hari mungkin terlalu sulit untuk diikuti bagi beberapa orang. Namun hal yang perlu diperhatikan dalam membentuk rutinitas tidur adalah membuat diri Anda senyaman mungkin. Kenali dan atasi faktor yang dapat mengganggu Anda saat beristirahat.