Cara penulisan memo & E-mail

 Cara penulisan memo & E-mail


  1. Cara Penulisan Memo

Untuk mengetahui cara penulisan yang baik langkah pertama kita harus tahu terlebih dahulu bagian-bagian yang ada di MEMO:

  • Alamat yang dituju
  • Pengirim Memo
  • Perihal Memo
  • Tanggal Pengiriman Memo
  • Paraf dan nama pengirim

Ciri-ciri yang ada pada Memo terbagi menjadi 2, pertama dari segi bentuk, dan yang kedua dari segi isi.

  1.  Ciri bentuk

Memo terdiri atas 2 bagian :

–        Bagian Kepala Memo

–        Bagian isi Memo

  1.  Ciri isi

Untuk menulis isi memo harus menggunakan bahasa yang singkat. Tidak bertele-tele ataupun dengan kata-kata yang berbasa-basi. Penulis harus langsung menyampaikan pesan yang di maksud atau perintah dalam kalimat yang singkat, lugas, dan tidak menggunakan kata yang berulang-ulang.

         Contoh Memo resmi dan tidak resmi

  1. Memo resmi adalah memo yang di tulis secara formal, memo biasanya di tulis oleh pejabat kepada anggotanya/staf instansi (kantor) baik berupa pemerintah maupun swasta.

Sumber :

https://nomorcallcenter.id/