Definisi Kepentingan Nasional

Definisi Kepentingan Nasional

Definisi Kepentingan Nasional

Kepentingan nasional didefinisikan sebagai

konsep abstrak yang meliputi berbagai kategori atau keinginan suatu negara yang berdaulat. Kepentingan nasional dalam hal ini terbagi kedalam 3 jenis (Agung&Yanyan, 2005:52) :

  1. Core/basic/vital interest,merupakan kepentingan yang sangat tinggi nilainya sehingga suatu negara bersedia untuk berperang dalam mencapainya, termasuk melingdungi seluruh cakupan wilayahnya dan melestarikan nilai-nilai hidup yang dianut suatu negara .

  2. Secondary Interest,meliputi segala macam keinginan yang hendak dicapai oleh masing-masing negara, namun jalan perang bukan merupakan prioritas dimana masih terdapat kemungkinan untuk mencapai perundingan.

Kepentingan nasional menjadikan dasar bagi penjelasan perilaku luar negeri suatu negara yang dinilai sebagai tujuan fundamental dan faktor penentu akhir yang mengarahkan para pembuat kebijakan luar negeri dari suatu negara. Kepentingan nasional suatu negara secara khas merupakan unsur-unsur yang membentuk kebutuhan negara sacara vital, seperti pertahanan, keamanan, militer, dan kesejahteraan ekonomi. (Plano&Olton, 1982:66)

Sedangkan menurut Spiegel, kepentingan nasional adalah tujuan utama yang merupakan awal sekaligus akhir perjuangan suatu bangsa. Kepentingan nasional pada dasarnya terbagi atas (1995:236) :

  1. Kepentingan nasional yang menyangkut konteks ideologi suatu bangsa
  2. Kepentingan nasional sebagai penggerak motif ekonomi
  3. Kepentingan nasional yang diarahkan bagi pertahanan keamanan suatu negara secara internal
  4. Kepentingan nasional yang di usung suatu negara dapat menentukan prestise/ kedudukan suatu negara dalam interaksinya dengan negara lain

Sumber: https://blogs.uajy.ac.id/teknopendidikan/seva-mobil-bekas/