DPD RI Pantau Ketersediaan Beras

DPD RI Pantau Ketersediaan Beras

DPD RI Pantau Ketersediaan Beras

DPD RI Pantau Ketersediaan Beras
DPD RI Pantau Ketersediaan Beras

BANDUNG-Anggota DPD RI melakukan kunjungan ke gudang bulog

dan pasar Caringin untuk memantau ketersediaan beras dan harga kebutuhan pokok lainnya.

Ketua DPD RI Irman Gusman dalam kesempatan meninjau gudang Bulog diCimindi, Cimahi mengatakan harga beras saat ini sudah mulai turun dimana sebelumnya harga beras sudah cukup tinggi.

“Dari pentauan harga sudah mulai turun, mudah-mudahan dengan panen raya sekitar April nanti harganya kembali terjangkau seluruh masyarakat,” ujarnya.

Terkait ketersediaan beras, dia mendapatkan laporan dari Bulog jika stok beras masih mencukupi dan aman. Jadi menurunya masyarakat tidak perlu khawatir.

“Stok beras di gudang bulog sangat cukup, siap untuk penyaluran raskin

dan operasi pasar jika diperlukan,” ujar Kepala Perum Bulog Divre IV Jabar Alip Afandi saat mendampingi rombongan DPD RI tersebut.

Bulog Harus Jadi Stabilisator Harga

Ketua DPD RI Irman Gusman meminta agar peran bulog sebagai stabilisator harga berjalan kembali. Pemerintah menurutnya harus mengembalikan fungsi Bulog sebagai penyeimbang harga khususnya beras.

“Kembalikan fungsi bulog sebagai buffer stock, penyedia cadangan ebras

sekaligus penyeimbang dan stabilisator harga,” ujarnya.

Untuk mengembalikan fugsi utama itu, pihaknya berencana menghadap presiden, Presiden diharapkan mengeluarkan keputusan yang membuat posisi Bulog kuat.

Bulog juga dapat menjadi pencegah munculnya mafia beras atau spekulan. Jika beras kosong dan dipasok kembali oleh Bulog maka harga akan terkendali. Dengan demikian akan mengurangi permainan harga oleh spekulan karena stok beras di pasaran mencukupi. jo

 

Sumber :

https://www.minds.com/Michael_Young/blog/ways-to-facilitate-the-learning-process-in-online-education-981641649593327616