Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet

1. UNIT KOMPUTER

Komputer sangat berperan dalam kecepatan akses, karena didalamnya terdapat harddisk, RAM, processor. Bila harddisk berkecepatan endah, maka kecepatan akses pun ikut rendah. Begitu pula RAM danprocessor.

2. MODEM

Modem punya kecepatan yang berbeda-beda. modem yang sering digunakan berkecepatan 56 kbps.

3. JARINGAN KOMUNIKASI UNTUK AKSES INTERNET

Untuk akses internet kita bisa gunakan line telepon, CDMA, GPRS, & Satelit. Yang masing-masing punya kecepatan berbeda dan danyang paling rendah adalah line telepon.

4. BESAR BANDWITCH

Bandwitch adalah luas/ lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dala medium transmisi.

5. Jumlah Pengguna yang mengakses server bersamaan

Akses internet padajam-jam tertentu kadang sangat lamban, dikarenakan penggunaan internet secara bersamaan.

Istilah-istilah dalam Akses Internet

Untuk memahami penggunaan berbagai layanan di internet, tentunya kamu harus mengetahui berbagai istilah yang sering dipergunakan. Berikut ini adalah istilah-istilah yang sering digunakan pada berbagai layanan di internet.

1. INTERNET SERVICE PROVIDER.

Perusahaan yang menyediakan jasa layanan koneksi di Internet. Dengan memanfaatkan jasa ISP, kamu dapat mengakses Internet dari rumah atau sekolah dengan membayar dalam jumlah tertentu.

2. MODEM.

Modem adalah perangkat komunikasi data yang digunakan untuk mengubah sinyal data digital menjadi analog. Fungsi modem ini adalah untuk komunikasi dial-up yang menggunakan kabel telepon.

3. AKSES DIAL-UP.

Akses dial-up adalah satu metode yang mengoneksikan komputer dengan internet melalui ISP. Untuk melakukan akses dial-up, komputer harus dilengkapi dengan perangkat modem dan tersedia jaringan telepon.

4. APLIKASI WEB BROWSER.

Perangkat lunak yang dipergunakan untuk menampilkan halaman web yang tersedia di Internet melalui HTTP. Salah satu contoh web browser adalah Internet Explorer.

5. AOL.

American Online adalah layanan komersial yang menyediakan browser Internetnya sendiri.

6. ARPA.

Advanced Research Project Agency adalah lembaga pemerintah yang membiayai penelitian ARPANET yang menjadi DARPA di tahun tujuh puluhan.

7. ASCII.

Data yang berbentuk huruf, angka, dan tanda-tanda baca.

8. BACKBONE.

Backbone adalah jalur utama (frekuensi tinggi) komunikasi di sistem jaringan komputer.

9. BANDWITH.

Bandwith adalah kapasitas transmisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikasi, bus komputer, dan komputer channel. Biasa dilambangkan dengan bit per second atau Hertz.

10. BBS. Bulletin Board System, yaitu sistem yang memungkinkan pemakainya berhubungan satu dengan yang lainnya melalui komputer, sehinnga dapat mengambil atau mengirim file atau meninggalkan pesan ke pemakainya. BBS ini sebetulnya hampir sama dengan internet.

11. BITNET. Because It’s Time Network adalah jaringan yang bukan TCP/IP untuk melakukan hubungan dengan universitas kecil tanpa kemampuan akses ke internet.

Sumber: https://www.galerinfo.com/