FAKTOR PENYEBAB

FAKTOR PENYEBAB

            Hidup di dunia dalam kesehatan sehat walafiat adalah sesuatu hal yang sangat berharga. Semua orang yang hidup di dunia ini ingin hidup dalam keadaan yang bahagia, sejahtera, sehat, aman dan tentram. Hanya orang-orang aneh saja yang ingin hidup di dunia dalam keadaan sakit lahir maupun sakit batin. Kesehatan bukanlah sesuatu hal yang gratis. Dibutuhkan kerja keras dalam menjaga kesehatan yang telah diberikan Tuhan. Salah satu hal yang perlu dilakukan dalam menjaga kesehatan diri kita adalah dengan cara mencegah dan menjauhi hal-hal yang dapat membuat diri kita sakit. Contoh perilaku / aktivitas yang dapat membuat orang menjadi jatuh sakit :

–       Tidak cuci tangan sebelum makan

–       Makan makanan yang tidak hiegenis

–       Main basah-basahan hingga kedinginan

–       Jarang mandi membersihkan tubuh

–       Bergadang / tidur terlalu larut malam

–       Melakukan aktivitas yang membahayakan diri

–       Menggunakan jarum suntik yang tidak steril

–       Tidak setia terhadap pasangan

–       Terlalu banyak pikiran

–       Tidak rajin / rutin menggosok gigi

–       Makan makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya

–       Tidak rajin bersih-bersih rumah

–       Berada dekat dengan penderita penyakit menular tanpa pelindung

–       Bekerja terlalu keras / workoholik

2.3.      DAMPAK POSITIF

            Menjenguk atau mendampingi orang sakit termasuk perkara yang disyariatkan Islam. Bahkan dijadikannya sebagai satu bagian dari hak muslim yang atas muslim lainnya. Janji ganjaran yang disediakan juga sangat menggiurkan. Semua itu untuk memotivasi muslim agar menghidupkan akhlak Islam yang agung guna tercipta kehidupan masyarakat muslim yang harmonis dan peduli.

            Bagi seorang muslim yang menjenguk atau mendampingi sesamanya dianjurkan untuk menghiburnya, meringankan bebannya, dan mendoakan kesembuhan baginya. Karena hal itu memiliki dampak baik bagi diri orang yang sakit. Dampak positif pendampingan terhadap orang yang sakit, diantaranya adalah :

–       Membuat kita lebih bersyukur terhadap pentingnya menjaga kesehatan.

–       Memberikan simpati dan semangat hidup pada orang lain.

–       Menambah kepedulian terhadap orang lain.

–       Menjaga tali silaturahmi dan kekeluargaan terhadap orang lain.

2.4.      DAMPAK NEGATIF

            Dampak negatif pendampingan terhadap orang yang sakit, diantaranya adalah :

–       Jika pasien menderita penyakit menular, disarankan untuk tidak menjenguknya cukup mendoakannya agar cepat sembuh.

–       Dikala menjenguk atau mendampingi orang sakit disarankan tidak mengajak anak kecil karena mereka rentan terkena penyakit.[2]

–       Dikala menjenguk atau mendampingi orang sakit disarankan tidak berkelompok karena dapat mengganggu ketenangan yang sedang sakit.

2.5.      DAMPAK HUKUM

            Manusia sebagai makhluk sosial harus saling membantu dan merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia sehingga harus mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia salah satu caranya yaitu dengan mendampingi atau merawat orang yang sakit.

baca jgua :

 

https://www.disdikbud.lampungprov.go.id/projec2014/seva-mobil-bekas/