FUNGSI KOMUNIKASI BISNIS

FUNGSI KOMUNIKASI BISNIS

FUNGSI KOMUNIKASI BISNIS

Adapun fungsi dari komunikasi bisnis yang terdiri 4 fungsi yaitu :

1. FUNGSI INFORMATIV

Dalam hal ini fungsi informative digunakan oleh para manajer dan karyawan dalam melaksanakan tugas-tugas mereka secara efisien. Beberapa informasi yang dibutuhkan terkait dengan beberapa hal berikut:

• Hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan (tujuan perusahaan, prosedur, peraturan, dan lainnya).
• Standar kerja dan laba perusahaan.
• Sosial emotional perusahaan secara umum.

2. FUNGSI REGULATORY

Komunikasi memiliki fungsi sebagai alat untuk mengendalikan dan mengatur jalannya suatu organisasi. Bentuk komunikasi ini dapat berupa perintah dan laporan.

3. FUNGSI PERSUASIVE

Fungsi persuasive berlangsung saat terjadi komunikasi dan interaksi antar karyawan, dimana tujuan komunikasi tersebut adalah agar orang lain dapat menerima ide seseorang.Dalam kegiatan komunikasi bisnis, pesan hendaknya tidak hanya sekedar informatif tetapi juga haruslah Persuasif, agar pihak lain bersedia menerima suatu paham atau keyakinan atau melakukan suatu perbuatan atau kegiatan.

4. FUNGSI INTEGRATIVE

Integrasi yang terjadi di dalam perusahaan akan membuat perusahaan tersebut dapat beroperasi secara terpadu dan utuh. Hal tersebut hanya bisa dilakukan bila komunikasi dan koordinasi di perusahaan berjalan dengan baik.
Indikator Komunikasi Bisnis


Baca Juga :