Gambaran kiamat menurut al-qur’an dan peristiwa setelah hari kiamat

Gambaran kiamat menurut al-qur'an dan peristiwa setelah hari kiamat

Gambaran kiamat menurut al-qur’an dan peristiwa setelah hari kiamat

Gambaran kiamat menurut al-qur'an dan peristiwa setelah hari kiamat
Gambaran kiamat menurut al-qur’an dan peristiwa setelah hari kiamat

Kiamat di tandai dengan tiupan sangkala, kemudian bumi bergoncang dan mengeluarkan isinya. Pada saat kiamat gunung-gunung pecah berterbangan dan menjadi pasir, langit terbelah hancur menajadi air.

Pada waktu itu matahari akan digulung, bintang –bintang berjatuhan dan laut meluap selain itu manusia bingung wanita yang sedang hamil mendadak melahirkan

peristiwa setelah hari kiamat

  • yaumul ba’as artinya hari bangkitnya manusia dari alam kubur
  • yaumul hasyr artinya hari bekumpulnya manusia
  • yaumul hisab artinya hari perhitungan amal manusia yang baik atau jahat
  • yaumul nizan artinya hari timbangan amal manusia
  • surga dan neraka artinya hari pembalasan

Surga adalah suatu yang diliputi atau di penuhi oleh berbagai macam kenikmatan dan kelezatan yang di sediakan untuk hamba-hamba nya yang berbakti dan taat kepadanya.

Keistimewaan dan keimanan di surga

Keistimewaan dan keimanan di surga di gambarkan oleh allah lewat penggalan hadis qudsi yang artinya :

surga adalah tempat belum pernah telihat oleh mata, belum terdengar oleh telinga , dan tidak pernah terlintas di dalam hati manusia (hadis)

Surga di gambarkan dalam al-qur’an terdapat kenikmatan yang jumlahnya tidak terhingga. Nikmat yang paling tinggi ialah dapat meyaksikan allah , dapat berdoa mengharpkan rida ampunan hidayah dan bantuannya

Neraka adalah suatu tempat siksaan dan balasan bagi orang-orang yang berbuat dosa dan kesalahan. Siksaan neraka setelah penghisaban amal masing-masing. Siksaanya mecam-macam dan jangka waktunya juga berbeda-beda, ada yang sementara, lama , dan kekal di dalamnya. Di dalam neraka juga beri makan berupa zaqqum, artinya buah yang paling buruk , pahit , tidak enak , bahkan berduiri serta minuman yan panas. Tiada hari tampa azab menyeritainya dan senantiasa berada dalam keadaan yang sengsara.

Allah. Swt berfirman :

وَالَّذِينَ كَفَرُوا وَكَذَّبُوا بِآيَاتِنَا أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

Qur’an surah Al-Baqarah [2] : 39″Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya”

sikap dan perilaku orang yang beriman kepada hari akhir

sikap dan perbuatannya lebih bertanggung jawab dan penuh perhitungan

orang yang beriman tentu akan optimis lebih luas harapannya dan lebih panjang akalnya

dengan beriman dan yakin kepada hari ahir , ia akan meningkatkan ketakwaannya kepada allah. Swt seperti, melalui salat, berzikir, dan berdo’a semangat dan menyiarkan agama allah berbuat kebajikan kepada semuanya, selalu menggunakan akal dalam segala keputusan dan berupaya menghilangkan sifat tercela itu.

orang yang beriman ia akan berusaha memupuk sifat social agamis yaitu mementingkan keprluan orang banyak dari pada kepentingan pribadi

hikmah iman kepada hari akhr

menyadari bahwa hari akhir pasti akan datang dan tidak ada yang tahu waktu kejadiannya keculai allah

#manusia akan dapat mengerti bahwa allah benar benar mahakuasa melakukan segala susuatunya sesuai denga kehendak sendiri.

#akibat peristiwa kiamat manusia harus memperisiapan diri beramal saleh yang sebanyak –banyaknya

#manusia akan mendapatkan keadilan allah sesuai dengan amal selahnya

#manusia harus dan akan meyadari dengan tanda –tanda datangnya hari kiamat

Berkata sebuah kubur kepada mayat ketika di letakkan didalamnya “celaka engakau wahi enak adam ! apakah gerangan yang yang menjadikan mu melupakan aku? Tidakkah engaku tahu bahwa sesungguhnya aku adalah rumah fitnah, rumah kegelapan, rumah kesendririan, rumah cacing? Apakah gerangan yang menjadikan mu lupa dari mengingat aku ketika engkau melewati aku sambil bersuara keras? Ketika seseorang tersebut orang baik, maka ada yang menjawab dari ucapan kubur tersebut, tidakkah engkau kubur tersebut, tidaklah engaku tahu bahwa ia (mayit) adalah seseorang yang selalu menjaga kebaikan dan mencegah kemungkaran? Maka kuburpun berkata , jika demikian aku akan berubah menjadi kebun hijau.

Hidup di dunia ini hanyalah sebuah permainan, apabila kita bisa mengendalikan sesuai ketentuan isalam maka kita akan selamat di dunia-dan akherat.

Sumber: https://www.catatanmoeslimah.com/2016/05/30-doa-doa-harian-terlengkap-beserta-artinya.html