Karakteristik Morfologi Ikan Mas Koki

Karakteristik Morfologi Ikan Mas Koki

Karakteristik Morfologi Ikan Mas Koki

Karakteristik Morfologi Ikan Mas Koki
Karakteristik Morfologi Ikan Mas Koki

Ingin tahu bagaimana karakteristik morfologi dari ikan mas koki? Dikenal sebagai ikan hias, ikan mas koki mempunyai bentuk badan yang sangat menggemaskan. Badannya terlihat gendut membulat, memiliki sirip yang lengkap, serta warna badan yang cerah dan menarik. Berbeda dengan ikan mas atau pun ikan karper, ikan koki ini sama sekali tidak dikonsumsi mengingat ukurannya yang kecil pasti kandungan dagingnya pun sedikit.

Biasanya ikan koki dipelihara di dalam akuarium. Gerak-gerik ikan ini tampak begitu mengagumkan saat dilihat dari sudut pandang samping. Terlebih perangainya yang jinak juga memungkinkan ikan ini mampu dirawat dalam jumlah yang banyak sekaligus di dalam sebuah tangki.

Ingin tahu bagaimana karakteristik morfologi dari ikan mas koki Simak Lengkap, Karakteristik Morfologi Ikan Mas Koki

Salam Mancing Mania Bagi Anda para pecinta ikan mas koki, yuk pelajari karakteristik dan morfologi ikan ini bersama-sama!

Sirip

Ikan mas koki memiliki sirip yang berfungsi membantunya bergerak di dalam air. ikan ini juga dilengkapi sirip dada dan sirip perut untuk mengatur gerakan ke atas dan bawah dengan memanfaatkan gelembung udara. Bentuk sirip ini kuat besar terhadap keindahan ikan kki, setelah susunan sisiknya.

Sisik

ikan hias – Sisik ikan mas koki mengandung semacam kristal guanine (C5H5N5O) yang memiliki kegunaan untuk membentuk warna pada sisik tersebut. Beberapa warna yang biasanya terdapat di sisik ikan koki antara lain merah, kuning, putih, dan hitam. Selain alasannya keturunan, cahaya, temperatur, dan pakan, tingkat kecerahan warna sisik juga dipengaruhi oleh jumlah zat pemantul yang ada di dalam sisik tersebut.

Kepala

Bentuk kepala ikan mas koki bermacam-macam tergantung rasnya. Kepala ranchu ditutupi oleh jaringan daging yang menebal di kepalanya, sedangkan oranda mempunyai kepala yang berbentuk menjambul. Lain lagi dengan pompon yang dilengkapi dengan hidung yang seakan-akan timbul.

Mata

Ikan mas koki memiliki mata yang dilengkai bab iris yang tidak dapat membuka dan menutup. Sementara bab lensa matanya tidak mampu berkontraksi secara luas sehingga jarak pandang yang dimilikinya sangat terbatas. Secara keseluruhan, terdapat empat macam tipe mata ikan mas koki antara lain mata normal, mata balon, mata teleskop, dan mata teleskop yang menghadap ke atas.

Telur

Ikan mas koki betina akan mengalami matang telur pada usia setahun. Sedangkan pada ikan pejantannya mampu lebih awal lagi, sekitar 10-12 bulan. Ukuran telur ikan koki berkisar 0,7-1,5 mm. Telur ini biasanya akan dilekatkan oleh indukannya semoga menempel ke tanaman air, batu, atau permukaan akuarium.