Kedokteran Dalam Hadis

Table of Contents

Kedokteran Dalam Hadis

Kedokteran Dalam Hadis

  1. Bekam

حد ثنا ابو بشر بكربن خلف عبدالاعلا عبا دبن منصور عن عكرمة عن ابن عباس قال:قال رسول الله صل الله عليه وسلم نعمل العبد الحجام يذهب بالدم ويخف الصلب ويجلوالبصر

Mewartakan kepada kamiabu bisyr yaitu Bakr bin khalaf, mewartakan kepada kami abdul-a’la mewartakan kepada kmi abbad bin manshur dari ikrimh, dari ibnu abbas dia berkata: rasulullah saw bersabda : “sebaik hamba atau orang adalah tukang membekam. Dia dapat menghilangkan darah kotor, meringankan tulang punggung dan dapat membuat terangnya penglihatan”.

Dalam hadis ini dapat disimpulkan hamba yang paling baik adalah tukang bekam. Karena tukang bekam akan dapat menyembuhkan penyakit dengn cara menghilngkn darah kotor, kemudin dapat meringankan tulang punggung serta penglihatan pun akan lebih terasa terang dibandingkan sebelumnya.

  1. Berobat dengan Al-Qur’an

حد ثنا محمد بن عبيد بن عتبة بن عبد الرحمن الكندى على بن ثابت سعاد بن سليمان عن ابى اسحاق عناكارث عن على قال:قال رسول الله صل الله عليه وسلم خير الدواء القران

Mewartakan kepada kmi Muhammad bin ubaid bin utbah bin abdur-rahman al-kindiy, mewartakan kepada kami su’ad bin sulaiman dari abu ishaq dari al-harits, dari aliy, dia berkata: rasulullah saw. bersabda: “sebaik-baik pengobatan adalah al-qur’an.

Hadis di atas adalah sabda Rasulullah saw yang mengndung makna bahwa Al-Qur’an adalah obat dari segala penyakit, maka dari itu jika kita ditimpa penyakit, alangkah kbaiknya kita dengar atau bacakan ayat-ayat Al-Qur’an. Pada saat sekarang masih kita dapatkan ustadz yang masih menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an sebagai do’a untuk berbagai macam penykit baik itu penyakit fisik mupun penyakit batin. Dan pengobatan yang paling baik adalah dengan Al-Qur’an.

  1. Mengobati radang tenggorokan anak-anak

عن ام قيس بنت محصن رضي الله عنها قالت: دخلت على رسول الله صلى الله عليه وسلم با بن لى قد اعلقت عليه من العذرة فقال: علام تدغرن اولادكن بهاذالعلاق عليكن بهاذاالعودالهندى فان فيه سبعة اشفية منها ذات لجنب يسعط منالعذرة ويلد من ذات الجنب

واخرجه البخاري ومسلم وابن ماجة

Dari ummi qayas binti mihshan r.a dia berkata: aku pernah berkunjungan kepada rasulullah saw membawa anakku yang kuobati dengan memasukkan jari kedalam tenggorokannya karena radang tenggorokan. Maka beliau bersabda: mengapa kamu mengobati anak-anakmu yang kena radang tenggorokan dengan memasukkan jari? Pakailah kayu gaharu ini. Sesungguhnya kayu gaharu itu mengandung tujuh obat penyembuh antaranya: radang selaput dada (pleurisy), yaitu diteteskan kehidung untuk radang tenggorokan, dan ditumbuk sampai liat, dibuat sirup untuk penyakit radang selaput dada.

Hadits ini dikeluarkan oleh bukhari, muslim dan ibnu majah.

Dari hadis ini dapat dibuat kesimpulan bahwa apabila anakmu sakit tenggorokan obatilah dengan kayu gaharu, karena kayu gaharu mempunyai banyak manfaat terutama obat sakit tenggorokan. Dan anjuran ini sesuai dengn kejadian pada masa Rasulullah saw.                                                        

  1. Berobat

عن اسامة بن شريك رضيالله عنه قال: اتيت النبى صلى الله عليه وسلم واصحا به كانما على رعوسهم الطير فسلمت ثم قعدت فجاءالاعراب من ههنا وههنا فقالوا يارسول الله انتداوى فقال: تداووا فان الله عز وجل لم يضع داء الا وضع له دواء غير داءواحد: الحرم

واخر جه الترمذى والنساى وابن ماجة وقال الترمذى حسن صحيح

Dari usman bin syarik r.a dia berkata: pernah aku datang menghadap Nabi saw. sedang sahabat-sahabat beliau dalam keadaan tenang sekali. Maka aku memberi salam, lalu aku duduk. Tiba-tiba ada beberapa orang arab dusun dari sana-sini, mereka berkata: “wahai rasulullah, berobatlah kami?” beliau bersabda: “berobatlah. Sesungguhnya allah a.w.j tidk meletkkan suatu penyakit, kecuali diletakkannya pula bagian obatnya, selin penyakit yang satu, yitu penykit tua”.

Hadits dikeluarkan oleh tirmidzi, nasa’I dan ibnu majah.

Dari hadis ini dapat disimpilkan jika kita ditimpa atau terkena penyakit kita harus berobat karena Allah sudah meletakkan kesembuhan di dalam obat tersebut melalui izin-Nya. Dan semua penyakit yang dating pada diri kita sesungguhnya Allah sudah menyiapkan obatnya. Penyakit yang tidak ada obatnya Allah letakkan  yaitu hanya penyakit tua.


Baca Juga :