Kedokteran Masih Menjadi Jurusan Favorit

Kedokteran Masih Menjadi Jurusan Favorit

Kedokteran Masih Menjadi Jurusan Favorit

Kedokteran Masih Menjadi Jurusan Favorit
Kedokteran Masih Menjadi Jurusan Favorit

Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah V DIY,

Bambang Supriyadi menegaskan jurusan kedokteran masih menjadi favorit sejumlah pelajar yang hendak belajar di Kota Jogjakarta.

Hal itu diungkapkannya kepada JawaPos.com ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (9/3).

Sementara urutan kedua diduduki oleh program studi Teknik Informatika (TI), disusul bidang ekonomi, seperti manajemen dan akutansi, jurusan mesin, kemudian hukum. “Itu yang selama ini masih menjadi favorit,” katanya.

Setiap tahunnya, jumlah mahasiswa yang tugas belajar di Kota Gudeg

terus bertambah. Keberadaannya pun ikut berpengaruh pula terhadap sosial, ekonominya. “Pastinya berpengaruh lah. Sosial, ekonomi, budaya,” paparnya.

Dikatakannya, untuk jumlah mahasiswa baru pada 2010-2011 silam diperkirakannya mencapai 35 hingga 40 ribu orang. Kemudian pada 2016, naik menjadi kisaran 55 ribu. “Kalau sekarang sudah lebih,” ucapnya.

Untuk jumlah total mahasiswa, baik baru maupun yang masih menempuh tugas belajar

saat ini kisaran 220 ribu. Angka itu hanya yang ada di 107 Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Jika digabungkan dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menurutnya mencapai lebih 350 ribu.

Menurutnya mereka pun sudah merata dari berbagai penjuru tanah air. Ada yang dalam 1 PTS terdapat mahasiswa dari 34 provinsi, 32, ataupun 20. Jika dipresentasekan, antara 60 persen luar daerah dan sisanya dari dalam Jogja sendiri. “Atau juga sebaliknya,” pungkasnya.

 

Baca Juga :