Kelebihan Correlated currriculum

Kelebihan Correlated currriculum

Di antara beberapa kelebihan Correlated curriculum yaitu sebagai berikut:

1)      Jenis Correlated currriculum ini menunjukkan adanya integrasi pengetahuan kepada siswa, hal ini ditunjukkan dalam implementasinya kurikulum ini mata pelajaran disajikan dan dikaji dari berbagai disiplin atau berbagai bidang ilmu.

2)      Dengan adanya pengkajian suatu topik dari berbagai bidang studi, maka pengetahuan dan pemahaman siswa akan lebih mendalam dengan penguraian dan tinjauan lebih dari perpektif ilmu.

3)      Correlated currriculum ini juga memberikan kemungkinan untuk menggunakan ilmu pengetahuan secara lebih fungsional.

4)      Selain itu kelebihan jenis pengorganisasian kurikulum dengan bentuk Correlated currriculumjuga dapat meningkatkan minat siswa terhadap apa yang dikaji karena adanya korelasi antar berbagai bidang studi.[3]

  1. Kekurangan Correlated currriculum.

Selain mempunyai beberapa keunggulan seperti yang telah di uraikan diatas correlated curriculum juga juga tidak terlepas dari beberapa kelemahan, di antaranya yaitu sebagai berikut:

1)      Guru akan kesulitan dalam menjalankan jenis kurikulum ini, hal ini dikarenakan oleh kenyataan bahwa ada di antara para guru yang tidak atau kurang mampu menguasai antar disiplin ilmu, sehingga berimplikasi pada mengaburkan pemahaman siswa.

2)      Pengetahuan yang diberikan kurang sistematis dan juga kurang mendalam pada berbagai bidang studi.

3)      Urutan penyusunan dan penyampaian bahan (topik) tidak tersusun secara sitematis.

 

sumber :