Kelompok dukungan Facebook yang berhubungan dengan Coronavirus mencapai 4,5 juta di AS ketika informasi yang salah dan konspirasi menyebar

Kelompok dukungan Facebook yang berhubungan dengan Coronavirus mencapai 4,5 juta di AS ketika informasi yang salah dan konspirasi menyebar

 

Kelompok dukungan Facebook yang berhubungan dengan Coronavirus mencapai 4,5 juta di AS ketika informasi yang salah dan konspirasi menyebar
Kelompok dukungan Facebook yang berhubungan dengan Coronavirus mencapai 4,5 juta di AS ketika informasi yang salah dan konspirasi menyebar

Facebook telah mendapat kecaman karena menjadi tuan rumah kelompok-kelompok yang menyelenggarakan protes anti-karantina sebagai tanggapan atas penguncian pemerintah di tengah wabah koronavirus, dan mereka yang mempromosikan penyembuhan virus korona palsu dan informasi yang salah . Sekarang sedang berusaha mencari tahu apa yang harus dilakukan dengan semakin banyak kelompok komunitas COVID-19 di platformnya di seluruh dunia. Dengan harapan admin grup yang lebih terdidik, perusahaan hari ini memulai acara digital pertama kalinya bagi mereka yang menjalankan grup COVID-19. Acara, ” Community Connect: Navigating COVID-19,” berlangsung 21-23 April tergantung pada zona waktu, dan berfokus pada praktik terbaik untuk kelompok COVID-19.

Dalam bagian bahasa Inggris dari acara yang diselenggarakan hari ini, CEO Facebook Mark Zuckerberg, seperti biasanya, memposisikan Facebook sebagai kekuatan untuk kebaikan.

“Ini adalah saat-saat seperti ini ketika komunitas yang kuat sangat dibutuhkan. Dengan segala sesuatu yang terjadi, saya pikir kekuatan komunitas online pada khususnya telah benar-benar bersinar dan jelas, dan Anda semua berada di jantung ini, “katanya. “Anda menjalankan kelompok yang telah membantu mengatur pengiriman bahan makanan ke tetangga yang lebih tua, kelompok di mana orang tua dapat berbagi kiat homeschooling, kelompok untuk sumber peralatan dan informasi penyelamatan hidup untuk petugas kesehatan, kelompok untuk mendukung orang-orang yang sekarang kehilangan pekerjaan atau yang telah melihat mereka bisnis menjadi sangat sukses, ”lanjutnya.

“Bahkan jika Anda tidak mengorganisir sendiri secara langsung virus corona, grup Anda telah menyediakan pelarian bagi orang-orang atau papan suara bagi orang-orang yang membutuhkan dukungan dan kenyamanan selama waktu ini,” tambah Zuckerberg.

Namun, Grup Facebook juga berkontribusi terhadap penyebaran informasi yang salah, meskipun Facebook berupaya

untuk menjaga konten ini dari platformnya.

Baru kemarin, misalnya, WSJ melaporkan data dari kelompok pengawas NewsGuard yang menemukan bahwa informasi yang keliru tentang virus corona dan teori konspirasi tetap sangat tersedia di Facebook, dengan beberapa posting melihat ribuan suka dan komentar. Laporan itu juga menemukan bahwa situs dengan jutaan pengikut Facebook telah menggembar-gemborkan obat palsu. Yang lain menyebarkan konspirasi yang sangat aneh sehingga mereka bisa ditertawakan kecuali fakta bahwa mereka telah menyebabkan kejahatan dunia nyata – seperti dalam kasus serangan pembakaran di menara sel oleh mereka yang yakin virus disebarkan oleh sinyal sel.

Sebuah studi sebelumnya oleh kelompok yang berbeda meneliti lebih dari 100 keping informasi yang salah terkait COVID-19, dan menemukan bahwa pos-pos ini dibagikan 1,7 juta kali dan dilihat 117 juta kali antara 21 Januari dan 7 April, VICE baru-baru ini melaporkan . Ketika laporan itu diterbitkan, 41% dari konten itu masih hidup – menunjukkan kegagalan dalam janji Facebook untuk menghapus informasi yang salah COVID-19 semacam ini.

Pertumbuhan cepat Grup Facebook sebagai akibat dari krisis kesehatan coronavirus sekarang membuatnya semakin sulit untuk menangani konten semacam ini, karena banyak grup beroperasi secara pribadi.

Di AS, lebih dari 4,5 juta orang bergabung dengan kelompok dukungan COVID-19 di Facebook, perusahaan mengumumkan hari ini. Lebih dari 3 juta telah melakukan hal yang sama di Italia dan lebih dari 2 juta di Inggris, kata Facebook.

Memang benar bahwa banyak kelompok mungkin berfokus pada informasi dan dukungan masyarakat – seperti yang dirancang untuk membantu tetangga, mendukung bisnis lokal atau memberikan kepada organisasi amal, misalnya. Tetapi grup Facebook juga bisa menjadi forum pribadi di mana informasi yang salah mudah dibagikan, tanpa pengecekan fakta.

Dan dalam situasi pandemi, informasi yang keliru dan saran medis palsu menjadi lebih berbahaya karena orang-

orang membahayakan kesehatan mereka sendiri dan juga membahayakan orang lain. Obat palsu ini bukan suplemen meragukan yang dijajakan oleh teman SMA Anda dalam MLM – obat palsu tidak berguna dan terkadang bahkan berbahaya – seperti minum pemutih atau menghirup kokain.

Facebook setidaknya telah mencoba memasukkan informasi kesehatan yang kredibel ke dalam kelompok-kelompok.

Baru-baru ini, ia menambahkan prompt untuk admin grup untuk berbagi siaran langsung tentang COVID-19 dari organisasi kesehatan yang kredibel seperti WHO dan departemen kesehatan negara bagian dan negara resmi. Dan dalam kemitraan dengan CDC, Facebook mengembangkan unit pembelajaran berdasarkan pedoman CDC yang dapat ditambahkan oleh admin ke grup mereka .

Anggota grup Coronavirus juga akan melihat pop-up pendidikan dalam grup itu sendiri, mengarahkan mereka ke informasi yang kredibel dari organisasi kesehatan. Plus, pencarian terkait coronavirus akan mengarah ke informasi yang sama ini.

“Saya dapat berjanji kepada Anda bahwa saya dapat berbicara untuk semua orang di Facebook ketika saya

mengatakan bahwa itu adalah prioritas utama kami untuk membangun produk yang dapat membantu semua orang saat ini,” kata Fidji Simo, kepala Facebook App, di acara hari ini. “Apakah itu membantu memastikan Anda melihat informasi akurat terbaru dari organisasi kesehatan yang kredibel, untuk membantu memberikan peluang ekonomi dan stabilitas bagi bisnis yang sedang berjuang, untuk membantu memfasilitasi pertumbuhan komunitas online di tingkat lokal dan global,” tambah Simo .

Namun, prioritas utama nyata Facebook adalah bisnis iklan menghasilkan uang, yang menangkap sebagian besar sumber daya tekniknya, sementara moderasi dan pengecekan fakta di-outsourcing-kan. Tanpa hukuman peraturan untuk membiarkan informasi berbahaya menyebar, itu kemungkinan akan tetap tidak berubah.

Facebook mengatakan akan mengadakan sejumlah acara digital untuk admin grup dalam beberapa bulan mendatang.

Sumber:

https://intergalactictravelbureau.com/seva-mobil-bekas/