Kepala Sekolah Sebagai Administrator

Kepala Sekolah Sebagai Administrator

Kepala sekolah sebagai administrator memiliki hubungan yang sangat erat dengan berbagai aktivitas pengelolaan administrasi yang bersifat pencatatan, penyusunan dan pendokumanan seluruh program sekolah.

Sebagai administrator, kepala sekolah memiliki kemampuan dalam tugas-tugas operasional yang meliputi kemampuan mengelola kurikulum, kemampuan mengelola administrasi siswa, kemampuan mengelola administrasi personalia, kemampuan mengelola administrasi sarana prasarana, kemampuan mengelola administrasi kearsipan, dan kemampuan mengelola administrasi keuangan.

  1. Kepala Sekolah Sebagai Supervisor

Sebagai supervisor, kepala sekolah harus mampu melakukan kegiatan  kegiatan pengawasan dan pengendalian untuk meningkatkan kinerja tenaga kependidikan. Hal tersebut dapat diwujudkan dalam kemampuan menyusun, dan melaksanakan program supervise pendidikan, serta memanfaatkan hasilnya.

  1. Kepala Sekolah  Sebagai Leader.

Kepala sekolah sebagai leader, harus mampu meberikan petunjuk dan pengawasan, meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan,  membuka komunikasi dua arah dan mendelegasikan tugas. Wahjosumijo  1999 : 10 (dalam E. Mulyasa) mengemukakan bahwa kepala sekolah sebagai leader, harus memiliki krakter khusus yang mencakup kepribadian, keahlian dasar, pengalaman dan pengetahuan professional, serta pengetahuan administrasi  dan pengawasan.

Oleh karena itu kepala sekolah harus memiliki sifat jujur, percaya diri, tangghung jawab, berani mengambil resiko dan keputusan, berjiwa besar, emosi yang stabil dan sebagai teladan,

sumber :

https://www.dosenmatematika.co.id/gb-whatsapp-apk/