Konsep Pendapatan nasional

Konsep Pendapatan nasional

Sebelum mengukur/menghitung pendapatan nasional suatu negara kita harus mengetahui konsep-konsepnya. Berikut ini adalah beberapa konsep pendapatan nasional :

  1.  Produk Domestik Bruto / Gross Domestic Product (GDP)

Produk domestik bruto (Gross Domestic Product) merupakan jumlah produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh unit-unit produksi di dalam batas wilayah suatu negara (domestik) selama satu tahun, termasuk juga hasil produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan/orang asing yang beroperasi di wilayah negara yang tersebut.  Konsep ini sering disebut sebagai konsep kewilayahan. Dalam perhitungan GDP ini, Barang-barang yang dihasilkan termasuk barang modal belum diperhitungkan penyusutannya, karenanya jumlah yang didapatkan dari GDP dianggap bersifat bruto/kotor.

Penghitungan nilai GDP dapat dilakukan atas dua macam dasar harga yaitu :

GDP nominal merupakan GDP yang dihitung dengan dasar harga yang berlaku pada tahun tersebut. GDP atas dasar harga berlaku berfungsi untuk melihat dinamika/ perkembangan struktur ekonomi yang riil pada tahun tersebut.

GDP riil, merupakan GDP yang dihitung dengan dasar harga yang berlaku pada tahun tertentu. GDP atas dasar harga konstan berfungsi untuk melihat pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun.

sumber :

https://thesrirachacookbook.com/seva-mobil-bekas/