Lingkungan Hukum

Lingkungan Hukum

Kegiatan perusahaan berada di dalam suatu kerangka hukum, sehingga faktor hukum ini mempengaruhi keputusan-keputusan serta transaksi-transaksi dalam peusahaan.

Manajer perusahaan harus mengambil kebijaksanaan yang tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku. Di samping itu juga perlu mempertimbangkan besarnya keuntungan yang akan di dapat dan resiko yang akan dihadapinya.

Lingkungan Pemerintah

Hubungan antara perusahaan dan pemerintah telah berkembang dari usaha-usaha untuk menggali dan menggunakan sumber-sumber ekonomi, yang bertujuan untuk menciptakan kondisi perekonomian yang sehat.

Pemerintah telah banyak membantu kegiatan perusahaan dalam berbagai bentuk, antara lain perlindungan terhadap kekayaan dan hak paten, serta pengadaan kontrak-kontrak. Dengan harapan bahwa bantuan ini dapat mendorong segmen-segmen perekonomian, meningkatkan pembangunan,serta mendorong kegiatan pemasarannya.

Keuntungan-keuntungan ekonomi juga merupakan alasan bagi pemerintah untuk memberikan bantuan, disamping alasan keamanan dan alasan-alasan lain. Pemerintah juga membantu perusahaan-perusahaan kecil karena selain sebagai unit usaha yang dapat menampung tenaga kerja, juga dapat memberikan harga yang lebih rendah kepada konsumen.biasanya bantuan tersebut berupa subsidi.

Di negara seperti Amerika, pemerintah telah memberikan kebebasan yang luas dalam bidang usaha, namun kebebasan tersebut tidak absolut artinya masih ada campur tangan pemerintah. Sebagai contoh bea impor untuk melindungi kegiatan usaha didalam negeri, peraturan yang dikenakan pada sistem perbankan ditujukan untuk menghindari adanya fluktuasi alat pembayaran.

.

  1. Lingkungan Internasional

Lingkungan internasional ini merupakan suatu konsep keseluruhan yang luas meliputi kegiatan dan masalah perekonomian dunia. Keadaan perekonomian nasional menjadi saling terpengaruh dan saling tergantung pada masalah-masalah internasional. Seperti contoh ketika tengah mengalami krisis energi padan tahu1973 menyebabkan beberapa negara pengimpor minyak mengalami kesulitan. Beberapa negara maju seperti Amerika dan Jepang memegang peranan penting dalam perekonomian dunia. Kekuatan ekonomi negara-negara tersebut didukung oleh kegiatan dari perusahaan-perusahaan raksasa yang ada, yang mempunyai kegiatan sebagai perusahaan multinasional yang memproduksi barang dan jasa untuk melayani konsumen diseluruh dunia.

POS-POS TERBARU