Lingkungan  Perekonomian dan Perpajakan

Lingkungan  Perekonomian dan Perpajakan

Pemerintah membiayai pengeluaran negara dari hasil pemungutan pajak dari masyarakat. Alasan-alasan pemerintah menaikkan  pajak masyarakat disebabkan karena pengeluaran negara yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Meningkatnya pengeluaran pemerintah tersebut sebagai akibat dari adanya kenaikan laju pertumbuhan urbanisasi. Di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya merupakan sumber dari urbanisasi. Disamping sebagai daerah pusat kegiatan perekonomian masyarakat yang kita tahu banyak memberi lapangan pekerjaan, kota juga sebagai tempat yang baik dalam kegiatan pemasaran hasil-hasil industri. Alasan lain mengapa masyarakat cenderung melakukan urbanisasi adalah bahwa di kota masyarakat bisa memperoleh pendidikan yang lebih tinggi, penyediaan teknologi di kota juga lebih bagus dan lengkap selain itu fasilitas umum yang lainnya juga bisa ditemui dan dimanfaatkan. Namun urbanisasi juga tidak lepas dari masalah seperti perlindungan kebakaran, pengaturan selokan-selokan, penyediaan air minum dan masalah lain yang perlu diperhatikan dan dilaksanakan oleh pemerintah daerah adalah masalah kesehatan,pendidikan dan transportasi, mengingat bahwa dikota tingkat perhubungan menjadi lebih komplek, perdagangan dan pengangkutan makin berkembang, dan komunikasi menjadi lebih penting. Oleh karena itu pemerintah perlu memungut pajak dari masyarakat.

meningkatkan fasilitas pelayanan kepada masyarakat

Untuk meningkatkan fasilitas pelayanan kepada masyarakat, pemerintah telah membangun perpustakaan, museum, dan pusat-pusat rekreasi dan sebagainya. Adanya pertambahan penduduk dapat mengakibatkan pengeluaran pemerintah lebih besar. Pemerintah perlu menyediakan kebutuhan pokok mereka dengan usaha peningkatan produksi dalam negeri dan pengadaan impor dari luar negeri. Selain itu pemerintah juga memberikan bantuan kepada penduduk dengan memberi asuransi kesehatan, pembangunan rumah murah yang sehat, pengawasan polusi, serta bantuan kepada pengusaha kecil. Dan baru-baru ini pemerintah juga memberi bantuan pada masayarakat pedesaan dengan meningkatkan higina dan sanitasi lingkungan melalui pembangunan sarana air minum, bangunan jamban keluarga serta usaha pencegahan pencemaran lingkungan. Dengan melakukan pengawasan pemeriksaan higina serta sanitasi terhadap perusahaan-perusahaan, tempat-tempat penjualan makanan dan minuman, pengamanan penggunaan pestisida serta pengawasan, pemeriksaan kualitas air minum terutama di beberapa kotamadya.

Tidak semua pajak yang dipungut pemerintah berasal dari lingkungan masyarakat tetapi juga berasal dari lingkungan perusahaan yang dimasukkan  kedalam penerimaan dalam negeri. Di harapkan dengan hubungan baik antara lingkungan pemerintah dengan lingkungan perusahaan, kedua pihak dapat di untungkan dari sisi pemerintah dapat memperoleh pungutan pajak untuk membiayai pengeluaran negara, dapat terbantu mengurangi pengangguran karena penyediaan lapangan pekerjaan dan dari sisi perusahaan mendapat pengakuan yang sah atau legal dari pemerintah atas kegiatannya, mendapat perlindungan secara hukum, meningkatkan perekonomian dan sebagainya.

Sumber: https://pendidikan.co.id/jasa-penulis-artikel/