Macam-macam polusi

Macam-macam polusi

Polusi merupakan pengrusakan lingkungan alam di mana kita hidup dan bekerja.

a)Pencemaran Udara

Pencemaran udara adalah terkontaminasinya udara dengan bahan-bahan kimia pencemaran ini menimbulkan dampak yang negatif  biasanya dikaitkan dengan penyakit jantung dan pernapasan. Pencemaran udara berasal dari sampah, asap kendaraan bermotor, asap dari pabrik-pabrik industri dan sebagainya.Apabila terus dibiarkan maka akan merusak lapisan ozon dilangit yang menimbulkan sinar ultraviolet dan dampak dari sinar ultra violet itu sendiri dapat merusak kulit, penyebab penyakit kanker serta terjadinya kebutaan.

  1. b)Pencemaran air

Kasus pencemaran air di Indonesia memang cukup banyak terjadi seperti misalnya pencemaran air yang berasal dari lingkungan industri, pemukiman dan lingkungan pertanian. Penggunaan pupuk yang berlebihan dapat menyebabkan polusi air baik di permukaan maupun di bawah tanah karena pupuk mengandung banyak nitrat.

Seperti kasus lain berasal dari kota Yogyakarta yang merupakan sumber polusi air. Jarak antara sumber air tanah dengan tangki peresapan saling berdekatan sehingga bakteri-bakteri dalam tangki peresapan dapat merembes masuk ke sumber air. Dampaknya akan buruk apabila air tersebut di konsumsi.

  1. c)Pencemaran sampah awet

Sampah awet dapat diartikan sebagai sampah yang sulit diuraikan dalam tanah. Seperti kaleng bekas, botol, karet, plastik. Di daerah perkotaan yang semakin padat penduduknya merupakan gejala awal dari adanya sampah awet dikarenakan banyaknya penduduk yang mengkonsumsi bahan-bahan tersebut. Sekalipun dibakar sampah ini akan menimbulkan pencemaran udara yang akan mengganggu kesehatan masyarakat apabila terhirup. Namun demikian masih ada pihak-pihak yang ternyata sangat membantu dalam mengurangi polusi sampah awet, yaitu para gelandangan pencari kaleng, botol, dan sebagainya yang dapat menghasilkan uang dari hasil penjualannya ke pabrik-pabrik pengolahan.

  1. Penggunaan energi dan konservasinya

Di Indonesia sendiri sumber energi minyak bumi sudah lama digunakan di samping batu bara dan air. Kemudian muncul penggunaan gas alam yang juga dihasilkan di dalam negeri. Dan akhir-akhir ini sudah mulai dikembangkan penggunaan sumber energi matahari serta kemungkinan penggunaan tenaga nuklir.

Dari sumber energi tersebut kiranya energi matahari dapat memberikan prospek penggunaan yang baik di masa depan mengingat bahaya yang hampir tidak ada, biayanya murah dan bebas polusi.

Setelah terjadi embargo minyak dunia pada tahun 1973 disusul perang Arab dan Israel harga minyak terus mengalami kenaikan sehingga orang mulai memikirkan cara penghematan dan konservasi energi, dengan munculnya peralatan hemat energi di pasaran. Orang tidak lagi menggunakan energi pada saat yang tidak perlu. Mengingat kondisi bahwa sumber energi minyak bumi merupakan barang yang tidak dapat diperbaharui atau langka maka dalam pemakaiannya manusia seharusnya bisa seefisien mungkin, agar dapat dimanfaatkan sampai generasi yang akan datang. Meskipun pada beberapa tahun terakhir ini harga minyak terus merosot yang semula US$ 30 per barel menjadi US$ 9,95 per barel pada awal tahun 1986. Namun demikian dengan melakukan penghematan energi maka secara tidak langsung akan menghemat pengeluaran, serta dapat membantu pelestarian sumber-sumber  yang ada.

Sumber: http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2020/07/14/jasa-penulis-artikel/