Manfaat Kerjasama, Penting dan Contonya

Manfaat Kerjasama, Penting dan Contonya

Manfaat Kerjasama, Penting dan Contonya

Manfaat Kerjasama, Penting dan Contonya
Manfaat Kerjasama, Penting dan Contonya

Manfaat Kerjasama

Adapun manfaat-manfaat lainnya yang bisa di dapatkan dari kerjasama, misalnya seperti:

a. Mempererat ikatan persaudaraan
Dengan bekerjasama setiap individu pada sesuatu tim kerja akan saling berinteraksi dan saling membantu dalam memecahkan persoalan-persoalan untuk mencapai tujuannya, sehingga akan terjalin juga komunikasi-komunikasi yang dimana semua itu akan menambah rasa persaudaraan.

b. Menumbuhkan semangat persatuan
Kerjasama-pun dapat menumbuhkan semangat persatuan pada diri setiap individu yang tergabung dalam kelompok kerja atau tim kerja. Supaya setiap kegiatan dalam kerjasama dapat berjalan baik maka harus bisa menjunjung rasa kesatuan dan persatuan.

c. Pekerjaan lebih cepat terselesaikan
Dengan kerjasama masalah sesulit apapun akan cepat terselesaikan karena tidak hanya mengandalkan satu individu saja untuk menyelesaikan pekerjaan tapi dengan banyak individu yang bersatu dan saling mendukung satu sama lain, maka pekerjaan akan lebih cepat terselesaikan dan lebih cepat membuahkan hasil.

d. Pekerjaan terasa lebih ringan
Pekerjaan yang sesulit apapun akan terasa lebih ringan dan lebih mudah terselesaikan karena di kerjakan oleh banyak orang yang saling mendukung satu sama lain.

Pentingnya Kerjasama

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang dimana mereka tidak dapat hidup sendiri, jadi harus membutuhkan bantuan orang lain dalam menjalankan hidupnya. Jadi dapat dikatakan bahwa dibutuhkan kerjasama dalam menjalankan kehidupan.
Misalnya seperti pada keluarga kita, yang setiap hari kita biasanya selalu berkumpul bersama keluarga. Keluarga kita hidup di lingkungan masyarakat, jadi kita harus rukun termasuk berperilaku untuk gotong-royong/bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama dan tentunya selalu menjaga kerukunan dalam bermasyarakat.

Contoh Kerjasama

Beberapa contoh kerjasama di lingkungan sekitar kita misalnya: Bekerjasama dalam membersihkan rumah dan halamannya bersama keluarga, Lalu dilingkungan sekolah bekerjasama melaksanakan piket bersih-bersih kelas, dan dilingkungan masyarakat kerja bakti membersihkan lingkungan supaya lingkungan menjadi bersih dan bebas dari ancaman penyakit.

 

Baca Artikel Lainnya: