Manfaat sedekah dalam beribadah kepada Allah

Manfaat sedekah dalam beribadah kepada Allah

Manfaat sedekah dalam beribadah kepada Allah
Manfaat sedekah dalam beribadah kepada Allah

Manfaat Sedekah

Manfaat sedekah yang kita lakukan merupakan sebagai wujud ibadah kita kepada Allah SWT. Kita diciptakan sebagai makhluk sempurna yang memiliki akal, hati dan pikiran. Kita hidup di dunia sebagai makhluk sosial dimana kita tidak akan bisa hidup sendirian. Kita hidup berdampingan dengan makhluk lain. Kita hidup bersama manusia-manusia lainnya. Tidak setiap manusia bisa hidup secara layak dan serba kecukupan dalam hal harta, kesehatan maupun tenaga. Begitu juga kita. Maka sebagai bentuk ibadah kita kepada Allah SWT maka kita melakukan sedekah dengan berbagi harta, benda maupun tenaga bagi orang lain. Karena bisa jadi orang yang telah kita bantu juga akan membatu kita saat kita membutuhkan bantuan orang lain. Manfaat sedekah tentu saja mempererat hubungan manusia satu dengan lainnya dan tentu saja kepada Allah SWT.

Manfaat sedekah akan memberikan pahala yang besar

Manfaat sedekah bagi kita tentu saja bisa memberikan pahala yang besar karena merupakan bagian dari ibadah. Maka sudah sepantasnya kita melakukannya tanpa terpaksa. Allah SWT dalam firmanNya mengatakan, “Berimanlah kamu kepada Allah dan RasulNya dan nafkahkanlah sebahagian daripada hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya (memberikan penguasaannya kepada kamu). Maka orang-orang yang beriman diantara kamu dan menafkahkan (sebahagian) daripada hartanya memperoleh pahala yang besar.”(QS. Al Hadiid : 7). Dalam beribadah sudah barang tentu orang menginginkan untuk memperoleh pahala. Walaupun yang memutuskan diterima tidaknya ibadah seseorang tentu saja Allah SWT. Tetapi dengan Manfaat sedekah yang telah diungkapkan tersebut sudah selayaknya orang tetap bersedekah.

Baca Juga: Sifat Allah

Manfaat sedekah sebagai bentuk jihad di jalan Allah

Manfaat sedekah bisa diungkapkan sebagai bentuk jihad di jalan Allah SWT. Selama ini seringkali dipahami bahwa jihad dilakukan dengan berperang. Padahal tidak selalu demikian. Jihad bisa dilakukan dalam bentuk harta dan jiwa. Bahkan orang yang tengah menuntut ilmu adalah orang yang sedang berjihad. Sehingga sedekahpun juga termasuk didalamnya. Seperti yang diungkapkan dalam Q.S Ash Shaff : 11 yang berbunyi “(Yaitu) kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahuinya.”. jalan yang cukup mudah bagi seseorang untuk melaksanakan jihad. Melakukan sedekah berarti membagi harta yang dimiliki, tenaga maupun pikiran kepada orang lain. Hal tersebut tentu membutuhkan rasa ikhlas. Bisa jadi alasan inilah yang mejadikan sedekah sebagai bentuk jihad. Ssebagai seorang muslim yang beriman, jihad di jalanNya merupakan sebuah keharusan karena surga merupakan imbalannya. Begitu juga sedekah yang dimasukkan ke dalam bagian jihad. Maka dengan Manfaat sedekah tersebut masih ragukah seseorang untuk bersedekah? Seharusnya tidak.