Masyarakat Perkotaan dan Masyarakat Perdesaan

Masyarakat Perkotaan dan Masyarakat Perdesaan

Masyarakat Perkotaan dan Masyarakat Perdesaan
Masyarakat Perkotaan dan Masyarakat Perdesaan

Ciri-ciri desa
Menurut Soerjano Soekanto
Kehidupan masyarakat sangat erat dengan alam
Kehidupan petani sangat tergantung pada musim
Desa merupakan kesatuan sosial dan kesatuan kerja
Struktur perekonomian bersifat agraris
Hubungan antar anggota masyarakat desa berdasar ikatan kekeluargaan
Perkembangan sosial relatif lambat
Kontrol sosial ditentukan oleh moral dan hukum informal
Norma agama dan adat masih kuat
referensi : http://indahpurnamawati.blogdetik.com/category/ciri-ciri-desa/

Ciri-ciri Masyarakat Perdesaan
Di dalam masyarakat perdesaan diantara warganya mempunyai fubungan yang lebih mendalam dan erat bila dibandingkan dengan masyarakat perdesaan lainnya diluar batas-batas wilayahnya
Sistem kehidupan umumnya berkelompok dengan dasar kekeluargaan(Gemeinschaft atau paguyuban)
Sebagiab besar masyarakat perdesaan hidup dari pertanian. Pekerjaan-pekerjaan yang bukan pertanian hanya pekerjaan sambilan yang biasanya sebagai pengisi waktu luang
Masyarakat tersebut homogen, seperti dalam hal mata pencarian, agama, adat istiadat dan sebagainya
referensi MKDU ISD

Studi Kasus
Disuatu desa yang mayoritas penduduknya berkerja sebagai petani, mereka bergantung dari hasil panen pertaniannya, dari bertani itu mereka dapat memenuh kebutuhannya sehari-hari. Tapi pertanian mereka itu hanya bergantung pada musim, jadi apabila sedang musim penghujan pertaniannya akan sangat bagus baginya, tapi saat musim kemarau pasti mereka akan mengeluarkan biaya lagi untuk menyedot air dari sugai ke sawahnya dengan mesin. Ketika masa panen datang, pasti mereka akan menganggur, dan dikala menganggur itu mereka pasti mengisinya dengan pekerjaan yang lain, entah itu berjualan, membuat kerajinan dan lainnya.
Diantara mereka pasti akan saling mengenal walaupun jarak tempat tinggalnya berjauhan, dan apabila panen pasti semua masyarakatnya berkumpul untuk memanen hasil sawahnya.

Opini
Menurut saya ciri-ciri desa dan masyarakatnya itu mudah sekali untuk membedakannya dengan di kota, karena pada suatu desa itu masyarakat yang ada tidak lebih dari 2500 orang, dan diaantara mereka semua pasti saling mengenal karena banyak diantaranya masih ada hubungan kekeluargaan. Jadi sebenarnya masyarakat perdesaan itu patut dicontoh untuk mast=yarakat kota. karena di kota untuk saling kenal saja susah sekali.

Sumber : https://abovethefraymag.com/