Oedipus complex

Table of Contents

Oedipus complex

Menurut Freud, tahap phallic memiliki kepentingan khusus dalam perkembangan kepribadian karena pada tahap inilah Oedipus complex muncul. Oedipus complex menurut teori Freud, adalah perkembangan anak mengenai keinginan yang kuat untuk mengganti orang tua yang berjenis kelamin saama dan menikmati kasih sayang orang tua yang berjenis kelamin berbeda. Cara menentukan Oedipus complex ialah pada anak berusia sekitar 5 sampai 6 tahun, anak ayah dan ibu mereka dapat menghukum mereka karena keinginan mereka yang bersifat incest. Untuk mengurangi konflik ini, anak mengidentifikasi diri dengan ayah atau ibu mereka, berjuang untuk menjadi seperti mereka. Jika konflik ini tidak terpecahkan, individu akan terfiksasi di tahap phallic.

  • Penis Envy

Harus diperhatikan bahwa dengan penekanan Freud pada seksualitas sebagai faktor utama pembentuk kepribadian, akan masuk akal jika anak perempuan akan sangat merasa prihatin akan tidak adanya alat kelamin yang terlihat jelas. Menurut pemikiran ini, anak perempuan mengembangkan perasaan rendah diri dan kecemburuan, fenomena yang dinamakan penis envy (rasa iri akan penis).

  1. Tahap Latency

Tahap ini terjadi antara sekitar usia 6 tahun hingga masa puber. Selama periode ini, anak menekan seluruh minat seksual dan mengembangkan keterampilan sosial dan intelektual. Aktivitas ini mengarahkan banyak energi anak ke dalam bidang yang aman secara emosional dan membantu anak melupakan konflik tahap phallic yang sangat menekan. Freud tidak melihat adanya perkembangan psikoseksual yang penting selama masa ini, dan karena itu ia menyebutnya sebagai tahap laten (latency period). Tahun-tahun ini adalah masa di mana anak belajar berteman, dan mengembangkan kebiasaan belajar dan bekerja. Masalah-masalah semacam itu tidak dapat dengan mudah dijelaskan oleh motivasi tidak sadar dan dorongan seksual.

Pada tahun-tahun sebelum pubertas (antara umur enam dan sebelas tahun), kelenjar adrenal mulai berkembang, dan terdapat lonjakan pertumbuhan bersamaan dengan terjadinya perubahan dalam hormon-hormon yang distimulasi oleh kelenjar adrenal. Tidak aneh jika ketertarikan seksual telah muncul pada anak kelas empat, jauh sebelum induvidu mencapai kematangan seksual.  

sumber :

http://www.unmermadiun.ac.id/sewulan/index.php/2020/06/kinemaster-pro/