Orang Lain

Table of Contents

Orang Lain

            Gabriel Marcel, filusuf eksistensialis, yang mencoba menjawab misteri keberadaan, The Mystery of Being, menulis tentang peranan orang lain dalam memahami diri kita, ”The fact is that we can understand ourselves by starting from the other, or from others, and only by starting from them.” Kita mengenal diri kita dengan mengenal orang lain lebih dahulu. Dalam perkembangan, significant others meliputi semua orang yang mempengaruhi perilaku, pikiran, dan perasaan kita. Mereka mengarahkan tindakan kita, membentuk pikiran kita dan menyentuh kita secara emosional.   Pandangan diri kita tentang keseluruhan pandangan orang lain terhadap kita disebut generalized others. Konsep, ini juga berasal dari George Herbert Mead. Memandang diri kita seperti orang lain memandangnya, berarti mencoba menempatkan diri kita sebagai orang lain.

 

  1. b)Rujukan Kelompok

 

            Dalam pergaulan bermasyarakat, kita pasti menjadi anggota berbagai kelompok. Setiap kelompok mempunyai norma-norma tertentu. Ada kelompok yang secara emosional mengikat kita, dan berpengaruh  terhadap pembentukan konsep diri kita. Ini disebut kelompok rujukan. Dengan melihat kelompok ini, orang mengarahkan perilakunya dan menyesuaikan dirinya dengan ciri-ciri kelompoknya.

            Pengaruh Konsep Diri pada Komunikasi Interpersonal terdapat hgh buah, yaitu :

Nubuat yang Dipenuhi Sendiri

            Konsep diri merupakan faktor yang sangat menentukan dalam komunikasi interpersonal, karena setiap orang bertingkah laku sedapat mungkin sesuai dengan konsep dirinya. Kecenderungan untuk bertingkah laku sesuai dengan konsep diri disebut sebagai nubuat yang dipenuhi sendiri. Sebagaimana kita berusaha hidup sesuai dengan label yang kita lekatkan pada diri kita.

sumbe r:

https://nashatakram.net/layanan-otomotif-seva-id/