Pasar Oligopoli

Pasar Oligopoli

Oligopoli merupakan pasar barang yang terdiri hanya dari beberapa perusahaan uang mempunyai ukuran dan modalyang relatif besar, ada kalanya pasar oligopoli terdiri dari dua perusahaan saja dan pasar seperti itu dinamakan duopoli.

  1. Ciri-Ciri Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli hanya terdiri dari sekelompok kecil perusahaan. Biasanya struktur dari industri oligopoli adalah terdapat beberapa perusahaan raksasa yang menguasai sebagian besar pasar oligopoli.

1)      Menghasilkan Barang Standar maupun Barang Berbeda Corak

Perusahaan dalam oligopoli menghasilkan barang standar (standardized product), contohnya adalahindustri yang menghasilkan bahan mentah (bensin, baja,alumunium) dan industri bahan baku (semen dan bahanbangunan). Sedangkan barang berbeda corak(differentiated product) pada umumnya adalah barangyang dihasilkan menjadi barang akhir (industri mobil,rokok, inustri sabun mandi dll).

2)      Kekuasaan Menentukan Harga, kemungkinan lemah maupun tangguh

Tanpa adanya kerjasama, kekuasaan menentukan harga menjadi lebih terbatas. Tetapi kalau perusahaan dalam oligopoli bekerja sama dalam menentukan harga, maka harga dapat distabilkan pada tingkat yang mereka kehendaki.

3)      Promosi Secara Iklan

Iklan secara terus menerus sangat diperlukan oleh perusahaan oligopoli yang menghasilkan barang yang berbeda corak, Tujuannya yaitu agar menarik pembelibaru dan mempertahankan pembeli lama.

  1. Penentuan Harga dan Produksi Tanpa Persepakatan Di dalam melihat pemaksimuman keuntungan dalam suatu perusahaan oligopoli, akan diperhatikan bagaimana tujuan itu akan dicapai apabila perusahaan-perusahaan tidak membuat persepakatan. Maksudnya setiap tindakan yang dilakukan perusahaan akan menimbulkan implikasi yang nyata kepada perusahaan-perusahaan lainnya.
  2. Bentuk-Bentuk Hambatan Kemasukan Oligopoli

Terdapat jumlah perusahaan yang terbatas di dalam pasar merupakan suatu bukti nyata bahwa perusahaan-perusahaan baru adalah sangat sukar untuk masuk kepasar oligopoli.

Faktor-faktor penting yang menyebabkan kesukaran memasuki pasar oligopoli

1)      Skala ekonomi

Apabila suatu perusahaan oligopoli dapat menikmati skala ekonomi sehingga ke tingkat produksi yang sangat besar, ini berarti semakin banyak produksinya semakin rendah biaya produksi per unit.

2)      Perbedaan Biaya produksi

Biasanya pada setiap tingkat produksi, biaya produksi per unit yang harus dikeluarkan perusahaan yang baru adalah lebih tinggi dari yang dikeluarkan perusahaan lama.

3)      Keistimewaan Hasil Produksi

Keistimewaan yang dimiliki oleh barang yang diproduksikan oleh perusahaan lama merupakan sumber lain yang dapat menghambat kemasukan perusahaan baru.

  1. Barang tsb sudah sangat terkenal (productrecognition)
  2. Barang tsb sangat rumit (product complexity)

Sumber :

TukangKonten.Com : Jasa Penulis Artikel Berkualitas 100%