Pendapatan Perseorangan/ Personal Income (PI)

 Pendapatan Perseorangan/ Personal Income (PI)

Pendapatan perseorangan (Personal Income)adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh setiap orang dalam masyarakat, termasuk pendapatan yang diperoleh tanpa melakukan kegiatan apapun. Pendapatan perseorangan juga menghitung pembayaran transfer (transfer payment). Transfer payment adalah penerimaan-penerimaan yang bukan merupakan balas jasa produksi tahun ini, melainkan diambil dari sebagian pendapatan nasional tahun lalu, contoh pembayaran dana pensiunan, tunjangan sosial bagi para pengangguran, bekas pejuang, bunga utang pemerintah, dan sebagainya. Pendapatan nasional dapat dirumuskan sebagai berikut:

PI = NNI – (Laba ditahan + iuran jaminan social + pajak perseorangan + transfer payment)

  1. Pendapatan Disposible/ Disposible Income (DI)

Pendapatan yang siap dibelanjakan (Disposable Income) adalah pendapatan yang siap untuk dimanfaatkan guna membeli barang dan jasa konsumsi dan selebihnya menjadi tabungan yang disalurkan menjadi investasi. Disposable income ini diperoleh daripersonal income (PI) dikurangi dengan pajak langsung. Pajak langsung (direct tax) adalah pajak yang bebannya tidak dapat dialihkan kepada pihak lain, artinya harus langsung ditanggung oleh wajib pajak, contohnya pajak pendapatan. Disposible income dapat dirumuskan sebagai berikut:

DI = PI – Pajak langsung

  1. Pendapatan Per Kapita / Income Per Capita

Pendapatan per kapita adalah pendapatan rata-rata penduduk suatu Negara pada periode tertentu, yang biasanya satu tahun. Pendapatan per kapita juga diartikan sebagai jumlah barang dan jasa rata-rata yang ada atau tersedia bagi setiap penduduk suatu negara pada suatu periode tertentu. Pendapatan per kapita dapat diperoleh dari pendapatan nasional pada tahun tertentu dibagi dengan jumlah penduduk  suatu negara pada tahun tersebut. Personal income dapat dirumuskan sebagai beriku

sumber :

Pos-pos Terbaru