Penerapan Keterampilan Dalam Berkomunikasi

Penerapan Keterampilan Dalam Berkomunikasi

Penerapan Keterampilan Dalam Berkomunikasi

  1. Observasi

Jika anda menemukan kesulitan atau hambatan dalam berkomunikasi dengan teman, rekan kerja, rekan kuliah, bahkan dengan pasangan anda dan membuat anda kesulitan untuk memilih kata-kata yang ingin anda ucapkan, maka anda harus mengamati orang-orang yang berkomunikasi secara efektif. Lihat dan amati orang orang yang lancar dalam berkomunikasi. Cara seperti ini sedikit banyak akan memberikan anda wawasan dan pemahaman tentang bagaimana berkomunikasi yang baik.

  1. Mendengarkan

Komunikasi tidak melulu berbicara terus menerus tanpa henti dan tidak mau mendengarkan pembicaraan orang lain. Tentu tidak ada orang yang suka pembicaraannya tidak didengar. Maka dari itu anda juga harus mendengar apa yang orang bicarakan kepada anda. Ini sering kali diabaikan orang-orang. Penting bagi anda untuk mendengarkan atau menjadi pendengar jika ingin berkomunikasi dengan baik.

  1. Berpikir sebelum bicara

Usahakan berpikir dua kali sebelum bicara kepada lawan bicara anda. Ketika anda hendak berbicara anda perlu berpikir beberapa waktu sebelum kata-kata yang hendak anda ucapkan terucap. Anda juga harus memikirkan reaksi apa yang lawan bicara anda lakukan jika mendengar ucapan anda, hal ini sering diabaikan kebanyakan orang dan lebih memilih untuk berbicara tanpa berpikir, cara ini penting untuk tetap menjaga hubungan yang baik pada lawan bicara anda, dan tentu saja akan berdampak positif bagi anda jika hal ini anda perhatikan.

  1. Berpikir jernih

Pusatkan pikiran-pikiran anda pada pikiran yang positif sebelum memulai percakapan. Ini akan membantu anda untuk mengatasi kekakuan, terutama jika anda ingin memberikan pidato dihadapan orang banyak . menjadi percaya diri adalah elemen kunci untuk komunikasi yang efektif.

  1. Humor

Memiliki rasa humor cukup membantu anda dalam berkomunikasi agar lebih menyenangkan, yang perlu anda ingat anda tidak boleh melukai perasaan lawan bicara anda dan jangan coba-coba untuk terlalu lucu. Sebagai komunikator yang baik, anda harus tahu dimana yang perlu anda masukkan humor atau tidak.

  1. Membaca

Seseorang yang suka membaca akan lebih mudah percaya diri dalam berkomunikasi dibandingkan dengan yang tidak suka membaca, karna membaca akan memberikan pengetahuan dan wawasan yang sangat luas dan akan memperkaya kosakata anda dan anda tidak akan merasa tertinggal dalam membahas suatu topic.

  1. Tidak selalu merasa benar

Hindari pikiran bahwa apa yang anda ucapkan atau bicarakan selalu benar, hal ini akan menjadi penghalang anda dalam melakukan komunikasi yang baik. Komunikator yang baik adalah yang memberikan kesempatan pada dirinya sendiri untuk medengarkan sudut pandang orang lain sebagai bahan pertimbangan benar atau tidaknya suatu topic.

  1. Kesopanan

Mengolah cara-cara dalam membingkai kalimat agar tidak menyinggung perasaan orang lain, dan harus bisa menempatkan diri dalam berkomunikasi, berbicara dengan sopan akan memberikan kesan positif bagi anda dan anda akan mendapat rasa hormat yang lebih dari lawan bicara anda.

  1. Bahasa tubuh

Bahasa tubuh merupakan factor penting dalam meningkatkan keefektifan dalam berkomunikasi. Pertahahankan kontak mata saat anda berbicara, duduk, dan berdiri dengan tegak, menjabat tangan, dan jangan menunjukkan bahasa tubuh yang keliru dan berlebihan, karena bahasa tubuh yang salah akan mempengaruhi minat lawan bicara anda untuk berbicara kepada anda.

sumber :

Run the Beat: Rhythm Adventure Tapping Game 1.0.3 Apk