PENGERTIAN DOWNLOAD DAN UPLOAD FILE

PENGERTIAN DOWNLOAD DAN UPLOAD FILE

PENGERTIAN DOWNLOAD DAN UPLOAD FILE
PENGERTIAN DOWNLOAD DAN UPLOAD FILE

 

Download adalah

proses transmisi sebuah file dari sebuah sistem computer ke sistem komputer yang lainnya. Dari internet, user yang melakukan proses download adalah proses dimana seorang user meminta / request sebuah file dari sebuah komputer lain (web site,server atau yang lainnya) dan menerimanya. Dengan kata lain, download adalah transmisi data dari internet ke komputer client/pemakai.

Upload adalah

juga proses transmisi sebuah file dari sebuah sistem komputer ke sistem komputer yang lainnya dengan arah yang berkebalikan dengan download. Dari internet, user yang melakukan proses upload adalah proses dimana user mengirimkan file ke komputer lain yang memintanya. User yang men-share gambar,foto dengan yang user yang lainnya di bulletin board sytem (BBS), mengupload file ke BBS. File Transfer Protocol (FTP) adalah contoh Internet protokol untuk downloading dan uploading files.

Arti istilah Download dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut :Menerima file dari komputer lain ke komputer Anda. Kegiatan penerimaan data (berupa file) dari komputer lainnya ke komputer lokal yang terhubung dalam sebuah network.
Secara umum dapat diartikan bahwa download adalah untuk menerima file dan upload adalah untuk mengirimkan file. Secara umum upload dapat diartikan proses transmisi data dari komputer client/pemakai ke internet.

1). Cara Download

Dalam dunia maya, anda dapat memperoleh apa pun yang di kehendaki, begitu juga musik, film, atapun software dengan mudah dapat didapatkan secara gratis.
Hal pertama yang harus anda lakukan saat mendownload adalah menentukan situs yang menjadi tempat anda men-download. Jika anda tidak tahu, search engine (mesin pencari) adalah jawabannya. Cukup dengan mengetik kata kunci, misalnya download musik gratis,anda akan menemukan ribuan nama-nama situs yang di kehendaki. Berikutnya anda tinggal meng-klik situs tersebut.

Berikut ini contoh download musik gratis di http://gudanglagu.com.
1. Buka situs http://gudanglagu.com, lalu pilih judul lagu yang anda suka dengan mengeklik judul lagunya.
2. Klik Download via Rapidshare atau 4shared agar proses yang dilakukan lebih cepat.
3. Anda terhubung ke Rapidshare, klik free user untuk mendownload lagu secara gratis
4. Sesaat setelah anda klik, halaman Rapidshare berubah. Klik lagi free user
5. Setelah tampilan halaman Rapidshare berubah lagi, klik download
6. anda perlu menunggu hingga 24 detik karena anda adalah free user
7. tidak lama berselang, muncul tampilan konfirmasi untuk memilih membuka file download atau menyimpannya di komputer
8. halaman berikutnya merupakan halaman visualisasi kemajuan download
9. tidak lama berselang (jika komputer anda memiliki koneksi internet cepat) file pun terdownload dan anda bisa membukanya

2). Prosedur untuk upload file ke youtube adalah sebagai berikut

Keterangan:
1. jika sudah daftar dan sudah punya akun di youtube, jika belum punya akun youtube bisa lihat disini cara buat akun di youtube.
2. Masukkan akun youtube, atau google account (user name dan password) 3
3. Kemudian klik Sign in Setelah login ke account youtube anda, maka anda bisa memulai upload video ke youtube di bagian pojok kanan atas halaman, klik Upload 4
4. Klik Upload video
5. Pilih file di komputer yang akan di upload, Klik Open
6. Tunggu hingga proses upload selesai (sukses) Anda bisa menambahkan Deskripsi tentang video, dan tag untuk memudahkan search engine mengenali isi atau tema video anda.Pilih Category yang sesuai dengan tema file video youtube Klik save change.
7. untuk mendapatkan link file video youtube anda, maka klik “Embed and Sharing Options” Gunakan URL untuk mempromosikan video youtube anda, bisa anda pasang di blog atau di stus lainnya.

Sumber: gameboxx.me