Pengertian Penjualan dan Manajemen Penjualan

Pengertian Penjualan dan Manajemen Penjualan

Pengertian penjualan dan pemasaran sering kali di pahami segala sesuatu yang sama. Sebenarnya kedua hal tersebut adalah sesuatu yang berbeda walaupun satu sama lain memiliki keterkaitan. Pemasaran dari sudut pandang sebagai filosofi adalah suatu cara pandang yang menempatkan konsumen sebagai titik sentral perhatian dalam kegiatan bisnis untuk mendapatkan keuntungan. Sedangkan dari sudut pandang aktivitas sebagai suatu sistem keseluruhan dari suatu kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang, jasa, ide kepada pasar sasaran dapat mencapai tujuan organisasi.

Dari definisi tersebut dapat dipahami pemasaran memiliki pengertian yang lebih luas, dan kegiatan pemasaran tersebut dapat dimulai sebelum produk dan masih tetap berlangsung setelah produk terjual atau sampai ketangan konsumen. Sedangkan penjualan merupakan kegiatan yang dimulai ketika suatu produk telah ada dan selesai setelah terjadi transaksi penjualan. Jadi penjualan adalan ilmu atau seni mempengaruhi orang lain agar bersedia membeli barang atau jasa yang ditawarkan.[1]

Pengertian penjualan sebenarnya definisi penjualan ini cukup luas, beberapa ahli menyebutkannya sebagai ilmu dan beberapa yang lain menyebutnya sebagai seni ada pula yang memasukkan masalah etik dalam penjualan.

  1. Peran Manajemen Penjualan

Peran manajemen penjualan adalah mengadministrasikan fungsi penjualan tatap muka dalam marketing mix. Peranan administrasi ini mencangkup peranan, manajemen dan pengendalian program-program penjualan,[2] disamping itu juga penarikan, pelatihan, pengkopensasian, pemotivasian dan pengevaluasian personalia penjualan lapangan. Jadi manajemen penjualan memiliki pengertian yang dikemukakan oleh Basu Swastha DH sebagai barikut: “ Manajemen penjualan adalah perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian program-program kontak tatap muka yang dirancang untuk mencapai tujuan penjualan perusahaan” definisi tersebut menyarankan bahwa manajemen penjualan itu berkaitan dengan pengambilan keputusan strategi disamping pelaksanaan rencana-rencana pemasaran.

Seperti yang disinggung diatas bahwa penjualan merupakan kegiatan terdepan perusahaan didalam menghasilkan sesuatu dari proses pertukaran dipasar. Proses pertukaran inilah yang dikatakan dengan penjualan. Penjualan pada dasarnya suatu kegiatan yang harus dilakukan disetiap orang dan setiap kelompok orang. Karena tidak ada satu orang dan kelompok orangpun yang mampu untuk menghasilkan sesuatu yang dibutuhkan didalam hidupnya. Mereka membutuhkan orang lain atau kelompok orang lain untuk mendapatkan sesuatu yang tidak dia butuhkan tersebut melalui suatu proses pertukaran. Pertukaran adalah satu inti kajian pemasaran yang diwujud dalam bentuk penjualan.

Penjualan berarti memberikan sesuatu yang dimiliki kepada pihak lain dengan mendapatkan suatu imbalan tertentu dalam bentuk uang. Didalam pemasaran pertukaran akan menciptakan suatu nilai bagi kedua belah pihak. Jadi dengan demikian dengan melakukan penjualan maka nilai yang dimiliki sekarang akan mengalami kenaikan setelah terjadi transaksi tersebut. Bagi perusahaan berarti akan meningkatkan penerimaan dan bahkan nilai perusahaan itu sendiri.

sumber :

https://areaponsel.com/seva-mobil-bekas/