Penilaian ke Atas Pasar Oligopoli

 Penilaian ke Atas Pasar Oligopoli

Di dalam menilai kebaikan pasar oligopoli, ada tiga aspek yang perlu diperhatikan, yaitu :

1)      Efisiensi Dalam Menggunakan Sumber-Sumber Daya

Efisensi dalam menggunakan sumber-sumber daya akan tercapai apabila biaya marjinal = hasil penjualan marjinal = harga. Keadaan ini hanya akan tercapai apabila tingkat harga adalah sama dengan biaya rata-rata yang paling rendah.

Pada umumnya keadaan ini tidak dicapai oleh perusahaan dalam oligopoli. Maka dipandang dari syarat efisiensi ini perusahaan dalam ologopoli tidakalah menggunakan sumber-sumber daya secara efisien.

2)      Perkembangan Teknologi dan Inovasi

Terdapat cukup alasan bahwa pasar oligopoli merupakan struktur pasar yang paling memberikan dorongan untuk mengembangkan teknologi dan melakukan inovasi. Dua alasan penting yang dapat digunakan, yaitu :

  1. Adanya untung yang lebih dari normal
  2. Menekankan kepada persaingan harga akanmenimbulkan efek yang kurang menguntungkankedudukan perusahaan di dalam industri.

3)      Kentungan Perusahaan Walaupun dalam pasar oligopoli terdapat persaingan, keadaan persaingan tersebut tidaklah seluas pasar persaingan sempurna dan pasar monopolistis. Persaingan terutama datang dari perusahaan yang sudah ada di dalam industri. Persaingan yang dibatasi ini memungkinkan perusahaan mendapat keuntungan yang melebihi normal.

Kebaikan pasar oligipoli adalah operasi firma dapat mencapai efisiensi yang tinggi dan menurunkan biaya produksi, serta perusahaan selalu melakukan pengembangan daninovasi. Sedangkan kelemahan pasar oligopoli adalah distribusi pendapatan akan semakin tidak merata

Sumber :

http://www.unmermadiun.ac.id/sewulan/index.php/2020/07/situs-jasa-penulis-artikel/