Pentingnya Manajemen Penjualan

 Pentingnya Manajemen Penjualan

Terdapat beberapa alasan yang mendorong diperlukannya mempelajari manajemen penjualan, diantaranya :

  1. Semua organisasi membutuhkan manajemen penjualan dengan berbagai aktifitas, tenaga penjual, peralatan, biaya dan sumber daya lainnya untuk menciptakannya.
  2. Kelemahan dalam bidang penjualan yang mempunyai dampak langsung dirasakan oleh organisasi.
  3. Terdapat banyak peluang karir yang bisa diperoleh oleh tenaga kerja perusahaan dalam bidang penjualan.
  4. Setiap orang dan organisasi pada prinsipnya adalah penjual.
  1. Persepsi yang salah tentang Penjualan
  2. Penjualan adalah profesi yang bersetatus rendah. Sebenarnya pekerjaan menjual banyak dirasakan sebagai sesuatu yang berat sehingga banyak yang menghindarinya dan dianggap orang-orang yang tidak memiliki pilihanlah yang banyak memasuki dunia ini. justru dunia penjualan adalah suatu profesi yang membutuhkan skill yang lebih tinggi.
  3. Penjualan adalah kegiatan memperdaya orang lain sehingga mau melakukan pembelian. Hal ini mungkin terjadi pada tenaga penjual yang sebenarnya belum memiliki kemampuan untuk menjual.
  4. Penjualan adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh pribadi yang “perayu”. Hal ini mungkin juga benar tetapi kegiatan bujuk atau merayu yang dilakukan oleh tenaga penjual semestinya bukanlah yang bersifat negative tetapi kearah yang positif.
  5. Penjualan itu adalah untuk orang-orang yang memiliki kepribadian tertentu saja seperti para ekstrovert.
  6. Penjualan adalah pekerjaan yang selalu sangat tergantung pada orang lain.
  1. Tahap-Tahap Penjualan

  2. Menetapkan tujuan penjualan, manajer penjualan melakukan pengaturan dengan mempertimbangkan tujuan pemasaran secara keseluruhan, kebijakan, strategi serta kriteria kendalinya.
  3. Memperkirakan volume penjualan dibanyak perusahaan, manajer penjualan diikut sertakan sebagai anggota tim pemassaran yang membahas hal-hal tersebut diatas proses pembahasan biasanya dimulai dengan melakukan prakiraan terhadap volume penjualan untuk priode berikutnya.
  4. Hubungan antara prakiraan dengan penentuan target prakiraan volume penjualan akan merupakan tulang punggung bagi tujuan-tujuan manajemen penjualan. Prakiraan tersebut akan mempengaruhi rencana-rencana yang disusun manajer penjualan dan pada saatnya nanti akan terjadi hal sebaliknya.

sumber :

https://rakyatlampung.co.id/seva-mobil-bekas/