Peraturan Dalam Lempar Cakram

Peraturan Dalam Lempar Cakram

  1. Lempar cakram harus dimulai dengan sikap berdiri seimbang dengan lingkaran lempar tanpa menginjak garis lingkaran.
  2. Pelempar tidak boleh meninggalkan lingkaran lempar sebelum juri mengatakan sah posisi berdirinya melalui setengah lingkaran bagian dalam.
  3.  Pelempar boleh menyentuh dinding bagian dalam dari balok batas lemparan tetapi tidak boleh menyentuh bagian atasnya.
  4.   Lemparan akan diukur dengan lemparan yang ditarik dari bekas jatuhnya cakram yang terdekat ketepi dalam balok.
  5. Bila peserta lebih dari 8 orang, maka peserta akan diberi hak melempar sebanyak 3 kali, kemudian akan ditentukan 8 pelempar terbaik untuk mengikuti babak berikutnya (final).
  6.  Bila peserta lomba 8 orang atau kurang, kesempatan melempar sebanyak 6 kali langsung final.
  7.  Lingkaran lemparan tersebut terbuat dari besi, baja atau bahan lain yang sesuai.
  8. Bagian atasnya dipasang rata dengan tanah diluarnya, bagian dalam terbuat dari semen, aspal atau bahan lain yang kokoh tetapi tidak licin permukaannya bagian dalam harus datar lebih rendah 14 mm sampai 26 mm dari sisi atas tepi lingkaran. Ukuran garis tengah sebelah dalam lingkaran lempar adalah 2,5 m, tebal besi lingkaran lempar 6 mm dan harus dicat putih.
  9. Garis putih selebar 5 cm harus ditarik dari bagian atas lingkaran besi sepanjang 75 cm pada kedua sisi lingkaran.

2.6  Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Lempar Cakram

  1. Dapatkan putaran dengan posisi kaki yang baik.
  2. Bergerak jauh ke depan tetapi masih tetap berada di dalam lingkaran lempar.
  3. Dapatkan pilinan antara tubuh bagian bawah dan bagian atas.
  4. keseimbangan yang baik selama bergerak di dalam lingkaran.
  5. Mendaratlah di dalam unjung telapak kaki kanan dan putarlah dengan aktif di atas kaki ini.

1.1  Kesimpulan

Dari beberapa uraian penjelasan yang telah dikemukakan maka penulis dapat menyimpulkan bahwa dengan pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan ini khususnya dalam olahraga lempar cakram, maka peserta didik mendapatkan mempraktikan tehnik -tehnik dasar dalam melakukan lempar cakram, mengetahui sejarah lempar cakram, mengetahui sarana dan prasarana yang digunakan dalam olahraga lempar cakram, mengetahui pengetian olahraga lempar cakram, bentuk dan ukuran lapangan yang digunakan dalam olahraga lempar cakram, dan siswa atau mahasiswa dapat mengetahui peraturan yang harus ditaati dalam olahraga lempar cakram.

1.2  Saran

Saran yang dapat penusil berikan kepada pembaca semua adalah bahwasanya untuk dapat melakukukan gerakan yang baik dan benar dalam olahraga lempar cakram, kita harus mengenal teknik-teknik dasar dalam melakukan lempar cakram itu sendiri dan tidak lupa melakukan latihan untuk mempermantap gerakan kita  

Sumber: https://carbomark.org/