Perbedaan Ikan Cupang Hias dan Aduan

Perbedaan Ikan Cupang Hias dan Aduan

Perbedaan Ikan Cupang Hias dan Aduan

Perbedaan Ikan Cupang Hias dan Aduan
Perbedaan Ikan Cupang Hias dan Aduan

Apakah perbedaan antara ikan cupang hias dan ikan cupang aduan? Masyarakat kita sudah cukup lama mengenal ikan air tawar yang berjulukan cupang. Ikan ini mempunyai bentuk yang sangat menarik sehingga masih banyak dipelihara hingga sekarang. Karena memiliki daya tahan yang bagus, ikan cupang tidak membutuhkan bentuk-bentuk perawatan yang rumit.

Seperti kita ketahui, ada dua jenis ikan cupang yaitu ikan cupang hias serta ikan cupang aduan. Ikan cupang hias mempunyai keistimewaan pada rupa tubuhnya yang sangat menawan dan indah. Berbeda dengan ikan cupang aduan yang memiliki perangai begitu garang dan tangguh. Kaprikornus ikan cupang hias jangan digunakan untuk aduan, begitu pula sebaliknya.

Perbedaan mendasar antara ikan cupang hias dengan ikan cupang untuk aduan terletak pada siripnya. Semua ikan cupang hias mempunyai sirip yang berukuran panjang, khususnya sirip ekor. Sedangkan sirip-sirip yang terdapat pada ikan cupang aduan tidak terlalu panjang sehingga gerak-geriknya lebih gesit. Apakah perbedaan antara ikan cupang hias dan ikan cupang aduan Simak Perbedaan Ikan Cupang Hias dan Aduan.

Ikan Cupang Hias

ikan cupang – Ikan cupang hias merupakan ikan yang mengagumkan sekali. Penilaian keindahan pada ikan ini ditentukan oleh bentuk, warna, perilaku, dan mental yang dimilikinya. Ikan cupang ini dilengkapi dengan sirip dan ekor yang menjuntai cukup panjang dengan susunan tulang sirip dan tulang ekor yang khas. Warna badannya pun cerah, jelas, dan tidak kusam serta terdiri dari varian warna yang atraktif dan menarik.

Ikan cupang hias memiliki gerak-gerik yang tenang, lemah gemulai, dan sering mengibaskan sirip-siripnya sehingga tampak begitu anggun. Pada ketika ikan ini mendeteksi adanya kemungkinan bahaya, maka sirip dan ekornya bakal berkembang secara maksimal. Kebanyakan spesies ikan cupang yang ditujukan untuk keperluan hias ialah Betta splendens. Contoh jenis-jenis ikan cupang hias antara lain crown tail, giant, halfmoon, double tail, dan plakat.

Ikan Cupang Aduan

Keistimewaan ikan cupang aduan ialah ketangguhannya dalam bertarung dengan ikan cupang yang lain. Kadang-kadang ikan yang notabene merupakan cupang hias juga mampu dijadikan sebagai cupang aduan alasannya ialah mempunyai karakteristik yang garang. Namun secara umum, ikan cupang aduan memiliki ciri-ciri tersendiri yang berbeda dengan ikan cupang hias.

Ikan cupang aduan memiliki postur tubuh yang kokoh alasannya ialah ukuran ketebalan mulai dari leher hingga ekor pada ikan ini relatif sama. Hanya saja ikan ini mempunyai ekor yang ujungnya terlihat mengecil. Cupang aduan juga terlihat agresif, bukan anggun dan lambat layaknya cupang hias.

Apabila ikan cupang aduan melihat musuh, maka ikan ini akan menyebarkan sirip-siripnya secara penuh. Bibirnya akan menebal dan tampak lebih kokoh daripada biasanya. Mulutnya pun akan terkatup rapat, tidak menganga. Jika dilihat dari atas, terdapat bintik-bintik kecil berwarna putih pada ikan cupang aduan yang bahu-membahu merupakan giginya.