PROSES PEMBUATAN KAIN SATIN

PROSES PEMBUATAN KAIN SATIN

PROSES PEMBUATAN KAIN SATIN

Setelah sedikit dijelaskan di awal pembukaan tadi

Proses pembuatan kain satin ini adalah dengan metode “Satin Weave” atau teknik tenun satin. Metode seperti ini merupakan teknik khusus yang dilakukan oleh para seniman kain dalam membuat kain ini, agar nampak lebih berkilau. Lantas bagaimana cara untuk membuat benang tampak lebih bercahaya.

Caranya adalah dengan membentuk dua jalur yang saling bersilangan untuk menentukan arah menenun benang tersebut. Dari metode tersebut, muncullah istilah warp dan weft, atau lebih dikenal dengan istilah benang pakan dan benang lusi. Jalur benang tersebut sengaja dibentuk melebar untuk membuat pola melebar yang dapat bergerak ke kanan dan ke kiri pada saat proses pembuatan kain.

Adapun proses tenun secara standart akan membentuk satu jalur benang weft dan satu jalur benang warp, secara naik turun. Dalam proses penganyamannya pun dilakukan secara vertikal, keatas dan kebawah. Dari proses inilah yang akan membentuk benang tersebut menjadi sebuah kain yang berjenis satin. Untuk cara yang lain dapat melakukan penggandaan terhadap benang itu sendiri. Dengan melibatkan empat atau lebih benang warp untuk dibuat melompat satu benang weft. Hal itulah yang membuat kain satin nampak glossy.


Sumber: https://obatpenggemukbadan.id/survival-island-apk/