Sejarah PT. Unilever Indonesia, Tbk

Sejarah PT. Unilever Indonesia, Tbk

Sejarah PT. Unilever Indonesia, Tbk

Sejarah PT. Unilever Indonesia, Tbk
Sejarah PT. Unilever Indonesia, Tbk

1961

Es krim Good Humor diakuisisi di AS.

1965

Unilever mendirikan bisnis ahli pengemasan sendiri, 4P Group, mengubah penyedia layanan internal menjadi bisnis yang menghasilkan keuntungan. Cif diluncurkan, berawarl di Perancis.

1967

Captain Birds Eye/Iglo/Frudesa tampil di iklan TV untuk pertama kali.

1968

Upaya Unilever untuk merger dengan Allied Breweries, salah satu perusahaan pembuat bir terbesar di Inggris, tidak berhasil.

1969

Unilever menayangkan iklan TV berwarna pertama di Inggris, yaitu untuk kacang polong Birds Eye.

1970 – 1979: Melakukan diversifikasi dalam iklim yang keras

Pada tahun 1970-an, kondisi ekonomi yang sulit, termasuk inflasi yang tinggi karena krisis minyak pada tahun 1973, menyebabkan penjualan yang menurun.

Perkembangan pengecer besar, termasuk supermarket, juga mengawali pergeseran kekuatan negosiasi dari produsen.

Jadi, Unilever terus membangun bisnis barang konsumen dalam sektor-sektor yang termasuk pengangkutan dan pengemasan serta melakukan gebrakan hebat di Amerika Utara dengan pembelian National Starch. Untungnya, anak perusahaan United Africa Company menghasilkan keuntungan besar dalam perkembangan minyak yang pesat di Nigeria, yang membantu menyeimbangkan biaya bisnis di Eropa dan Amerika Serikat.

Tetapi, walaupun Unilever terus melakukan diversifikasi pada tahun 1970-an, Unilever berhenti melakukan ekspansi pada rantai pasokan karena pemasok pihak ketiga telah menjadi lebih besar dan memiliki peralatan yang lebih baik untuk mengambil alih tugas yang bukan tugas utama.

1970

Unilever mengakuisisi bisnis daging Zwanenberg’s di Oss, yang akhirnya menjadi grup daging Unilever, UVG.

1971

Lipton International diakuisisi dan bisnis teh Unilever menjadi salah satu yang terbesar di dunia.

Deodoran Impulse diluncurkan, berawal di Afrika Selatan. Pada tahun 1985, produk ini dijual di 30 negara.

Mentadent diluncurkan di Austria sebagai merek kesehatan gusi revolusioner.

1973

Es krim Frigo diakuisisi di Spanyol. Anak perusahaan Unilever, United Africa Company, menjadi UAC International – telah berkembang sejak berdiri pada tahun 1920-an dan berdagang di 43 negara.

1977

Sekarang, di semua anggota Masyarakat Ekonomi Eropa yang berjumlah sembilan, Unilever mempekerjakan 177.000 orang 200 di kantor dan pabrik, berinvestasi dalam aset tetap dengan tingkat sekitar UK £30 juta per tahun dan membelanjakan sekitar UK £1 miliar untuk pasokan.

1978

Unilever mengakuisisi National Starch, yang menandakan niatnya untuk meningkatkan kehadirannya di AS, produsen perekat, pati, dan bahan kimia organik khusus yang terkemuka. Ini adalah akuisisi terbesar oleh perusahaan Eropa di AS pada masa itu.

Baca juga artikel: