SEJARAH SEPAK BOLA INDONESIA

SEJARAH SEPAK BOLA INDONESIA

SEJARAH SEPAK BOLA INDONESIA

Bila berbicara tentang sejarah sepak bola

tak lengkap rasanya bila kita tidak membahas tentang sejarah sepak bola di Indonesia. Hal ini menarik untuk dibahas, karena di Indonesia masyarakatnya sangat menyukai sepak bola. Dari sabang sampai merauke selalu ada pemain berbakat yang siap membela timnas sepak bola Indonesia.

Pada Awalnya sepak bola muncul di Indonesia dibawa oleh para penjajah dari Hindia Belanda. Karena sepak bola modern lebih dulu populer di daratan eropa. Baru lah pada tahun 1914 sepak bola masuk ke indonesia saat negara ini masih di jajah oleh Pemerintah Hindia Belanda. Pada saat itu masyarakat Indonesia mulai mengenal adalanya permainan sepak bola.

Kemudian pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta, Lahirlah organisasi sepak bola modern di Indonesia yaitu PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia). Dengan jabatan Ketua PSSI pertama kali di isi oleh Soeratin Sosrosoegondo. Namun kala itu organisasi PSSI kerap dikaitkan dengan kegiatan politik untuk menentang penjajahan.

Sehingga organisasi PSSI ini diawasi sangat ketat oleh pemerintah Hindia Belanda saat itu. Bahkan organisasi PSSI sempat dilarang keberadaannya oleh pemerintah Hindia Belanda. Setelah Indonesia merdeka, perkembangan sepak bola modern semakin pesat. Banyak klub sepak bola yang mulai bermunculan dan beramain di kompetisi.

Pada tahun 1979, kompetisi sepak bola di Indonesia diselenggarakan secara amatir atau lebih dikenal dengan istilah era “Perserikatan”. Dengan adanya kompetisi amatir ini membuat sepak bola mulai tersebar ke seluruh penjuru nusantara. Dan kemudian pada tahun 1979-80 munculan kompetisi Liga sepak bola utama atau lebih di kenal dengan Galatama.

Galatama merupakan kompetisi sepak bola nasional yang bersifat semi-profesional yang awalnya terdiri dari divisi tunggal namun kemudian berkembang menjadi 2 divisi pada tahun 1983 dan 1990. Galatama ini merupakan salah satu pioner dari kompetisi semi profesional di wilayah Asia selain Liga Hongkong. Meski begitu, baik Galatama maupun Perserikatan tetap berjalan sendiri-sendiri.

Kemudian Pada tahun 1994, PSSI sebagai induk sepak bola di Indonesia menggabungkan kompetisi Perserikatan dan Galatama, dan membentuk Liga Indonesia. Tujuan dari penggabungan dua kompetisi ini adalah untuk menciptakan sepak bola yang berkualitas di Indonesia. Karena dengan perpaduan antara fanatisme di Perserikata dan profesionalisme di Galatama, akan membuat hal itu dapat terwujud.

Barulah pada tahun 2008, PSSI menyelenggarakan yang namanya Liga Super Indonesia yang merupakan liga sepak bola profesional pertama di Indonesia. Kemudian pada tahun 2011, terjadi dualisme kompetisi antara Liga Super Indonesia (ISL) dengan Liga Prima Indonesia (IPL) yang berlangsung selama beberapa tahun.

Kemudian pada tahun 2014, PSSI menggabungkan kedua kompetisi tersebut. Namun konflik yang terjadi di tubuh PSSI belum usai, pada tanggal 17 April 2015 Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi membekukan PSSI. Alasan dibekukannya PSSI tersebut adalah PSSI dianggap tidak mematuhi peraturan olahraga Nasional.

Dan akibat dari intervensi pemerintah terhadap sepak bola, membuat FIFA membekukan PSSI. Namun setahun kemudian FIFA mencabut sanksinya terhadap PSSI yang sejalan dengan Menpora juga mencabut pembekuan organisasi PSSI.

Kemudian Pada tahun 2017, kompetisi sepak bola indonesia lahir kembali dengan nama Liga 1 indonesia yang diselenggarakan oleh PT Liga Indonesia Baru. Dan kompetisi tersebut bertahan hingga kini.


Sumber: https://www.reset931.net/freeze-2-brothers-apk/