Seputar Pengertian Tata Surya

Seputar Pengertian Tata Surya

Seputar Pengertian Tata Surya

Seputar Pengertian Tata Surya
Seputar Pengertian Tata Surya

 

Seputar Pengertian Tata Surya

Seputar Pengertian Tata Surya. Apa Yang Dimaksud Dengan Tata Surya….? Tata surya adalah merupakan susunan benda-benda langit yang terdiri atas matahari sebagai pusatnya dan planet-planet meteroid,komet, serta asteroid yang mengelilingi matahari. dan semua objek yang terikat oleh gaya grafitasinya. Objek-objek tersebut adalah 8 buah planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips,lima planet kerdil/katai, 173 satelit alami yang telah diidentifikasi,dan jutaan benda langit (meteor, asteroid, komet) lainnya.

Benda langit di jagat raya ini jumlahnya sangat banyak. Sehingga Ada yang dapat memancarkan cahaya sendiri ada juga yang tidak dapat memancarkan cahaya sendiri, akan tetapi hanya memantulkan cahaya dari benda lain.

Bagian-bagian dari Tata Surya

Matahari
Matahari adalah bintang induk Tata Surya dan merupakan komponen utama sistem Tata Surya ini. Bintang ini berukuran 332.830 massa
bumi. Massa yang besar ini menyebabkan kepadatan inti yang cukup besar untuk bisa mendukung kesinambungan fusi nuklir dan menyemburkan sejumlah energi yang dahsyat. Kebanyakan energi ini dipancarkan ke luar angkasa dalam bentuk radiasi eletromagnetik, termasuk spektrum optik.
Planet
Planet tidak bisa memencarkan cahaya sendiri tetapi hanya memantulkan cahaya yang diterima dari matahari. Dalam susunan sistem tata surya planet terbagi menjadiPlanet bagian dalam 
Empat planet bagian dalam atau planet kebumian (terrestrial planet) memiliki komposisi batuan yang padat, hampir tidak mempunyai atau tidak mempunyai satelit dan tidak mempunyai sistem cincin.

  1. Merkurius
  2. Venus
  3. Bumi
  4. Mars

Planet bagian Luar
Keempat planet luar, yang disebut juga planet raksasa gas (gas giant), atau planet jovian, secara keseluruhan mencakup 99 persen massa yang mengorbit Matahari. Yupiter dan Saturnus sebagian besar mengandung hidrogen dan helium; Uranus dan Neptunus memiliki proporsi es yang lebih besar. Para astronom mengusulkan bahwa keduanya dikategorikan sendiri sebagai raksasa es. Keempat raksasa gas ini semuanya memiliki cincin, meski hanya sistem cincin Saturnus yang dapat dilihat dengan mudah dari bumi.

  1. Yupiter
  2. Saturnus
  3. Uranus
  4. Neptunus

Baca Juga :