Surat dan Surah (Manakah yang Benar?)

Surat dan Surah (Manakah yang Benar?)

Surat dan Surah (Manakah yang Benar)Surat dan Surah (Manakah yang Benar)
Surat dan Surah (Manakah yang Benar)

 Beberapa kali saya memperhatikan di buku-buku agama atau artikel-artikel keagamaan, ada perbedaan penggunaan kata surat dan surah. Ada buku yang menggunakan kata surat ada juga yang menggunakan kata surah yang mengacu pada bagian dari kitab suci Alquran. Tidak hanya itu, ketika saya mencermati soal-soal dari pemerintah maupun internet, muncul inkonsistensi dalam penulisan surah dan surat. Hingga suatu kali muncul pertanyaan dari seorang teman kepada saya tentang kebenaran penggunaan antara kata suratdan surah. Manakah yang baku dan benar untuk menyebut bagian dari Alquran?

Pada dasarnya, kata surat dan surah adalah kata yang baku. Barangkali ada orang yang masih merasa asing dengan penyebutan kata surah. Hal ini dikarenakan banyak yang menggunakan kata surat untuk menyebut bagian dari Alquran. Contoh, ada orang mengatakan “Saya sudah hafal Surat Alfatihah sejak umur empat tahun”. Informasi dalam kalimat itu jelas dapat dengan mudah kita pahami. Hanya saja, setelah ditelusuri lebih lanjut, penggunaan kata surat dalam kalimat tersebut kurang tepat.

Kata surat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi keempat memiliki arti: (1) kertas dsb. yang bertulis (berbagai-bagai isi maksudnya), (2) secarik kertas dsb. sebagai tanda atau keterangan; (3) sesuatu yang ditulis; yang tertulis; tulisan. Kata ini sangat tepat jika digunakan untuk menyebut surat undangan, surat resmi, surat pengantar, surat izin mengemudi, dan lain-lain. Sementara itu, kata surah dalam KBBI memiliki arti: bagian atau bab dalam Alquran.

Penjelasan di atas dapat ditarik simpulan bahwa kata surah memiliki arti yang lebih mengerucut pada bagian dalam Alquran. Sementara itu, definisi surat yang terdapat di KBBI tidak ada yang mengacu pada bagian dari Alquran. Jadi, ada baiknya mulai sekarang kita membiasakan diri untuk menulis atau mengucapkan “Surah Alfatihah merupakan surah pertama dalam Alquran”, dan bukan “Surat Alfatihah merupakan surat pertama dalam Alquran”. Seperti itu.

Sumber : https://vhost.id/temple-run-apk/