Syarat dan Ciri-Ciri Kelompok Sosial

Syarat dan Ciri-Ciri Kelompok Sosial

Syarat dan Ciri-Ciri Kelompok Sosial
Syarat dan Ciri-Ciri Kelompok Sosial

Apakah semua himpunan manusia dapat disebut kelompok sosial? Robert K. Merton menyebutkan tiga kriteria suatu kelompok, yaitu:
1. memiliki pola interaksi,
2. pihak yang berinteraksi mendefinisikan dirinya sebagai anggota kelompok, dan
3. pihak yang berinteraksi didefinisikan oleh orang lain sebagai anggota kelompok.

Menurut Merton, kelompok berbeda dengan perkumpulan. Perkumpulan adalah sejumlah orang yang mempunyai solidaritas berdasarkan nilai bersama serta memiliki kewajiban moral untuk menjalankan peran yang diharapkan. Di dalam perkumpulan tidak ada unsur interaksi yang menjadi kriteria utama bagi kelompok. Kelompok juga berbeda dengan kategori sosial yang merupakan suatu himpunan peran yang mempunyai ciri sama, seperti jenis kelamin atau usia. Di antara himpunan orang-orang yang berperan itu tidak ada interaksi.

Menurut Soerjono Soekanto, himpunan manusia baru dapat dikatakan sebagai kelompok sosial apabila memiliki beberapa persyaratan berikut.
1. Adanya kesadaran sebagai bagian dari kelompok yang     bersangkutan.
2. Ada hubungan timbal balik antara anggota yang satu dengan yang lainnya dalam kelompok itu.
3. Ada suatu faktor pengikat yang dimiliki bersama oleh anggota-anggota kelompok, sehingga hubungan di antara mereka bertambah erat. Faktor tadi dapat berupa kepentingan yang sama, tujuan yang sama, ideologi politik yang sama, dan lain-lain.
4. Memiliki struktur, kaidah, dan pola perilaku yang sama.
5. Bersistem dan berproses.

Suatu kelompok sosial dan cenderung tidak bersifat statis, tetapi selalu berkembang mengalami perubahan-perubahan, baik dalam aktivitas maupun bentuknya. Coba perhatikan kelompok masyarakat di daerahmu!

Sumber : https://cialis.id/