Teknik Instalasi Web Server

Teknik Instalasi Web Server


Dalam pembahasan ini kami akan mengambil contoh teknik instalasi web server menggunakan windows 98, karena keterbatasan kami dalam memperoleh referensi sehingga kami tidak bisa menghadirkan pembahasan dalam system operasi windows 200 atau windows XP
Pada kesempatan ini akan di jelaskan, teknik instalasi beberapa Web server di Windows 98, yaitu:
·    Personal Web Server (PWS) – http://www.studiodeluxe.net/pws/index.htm. Atau di CD Microsoft Windows 95/98 original, directory Add-ons/pws.
·    Xitami – http://www.xitami.com
·    Sambar – http://www.sambar.com.
·    Apache – http://www.apache.org

Binary file yang dibutuhkan untuk instalasi beserta dokumentasinya dapat diambil secara gratis pada URL terlampir di atas.
Pada kesempatan ini, skenario sederhana yang dikembangkan adalah sebuah server yang akan menservis dengan  sebuah situs web saja. Web tersebut dapat di akses secara lokal di komputer server, atau melalui LAN dari workstation di IntraNet (bukan Internet).
Agar situs Web tsb. dapat di kenal & di akses di Internet, maka yang harus dilakukan adalah:
·    Memasang PC Web server di jaringan yang tersambung 24 jam ke Internet. Biaya operasional / telekomunikasi akan meningkat drastis, di samping kemungkinan di hack.
·    Registrasi domain Web ke registrar di Internet sesuai dengan IP address yang digunakan & diperoleh dari ISP.

Terus terang, untuk versi produksi Web server di Internet, biasanya kita menggunakan Linux / UNIX dengan software apache web server yang terkenal handal sekali & aman. Paling tidak Web server di Windows, cukup baik untuk keperluan IntraNet, deveopment web di local server & belajar.

Sebelum instalasi Web server dilakukan, TCP/IP pada PC harus di set lebih dulu. Pada Windows 98 tersedia di Start à Settings à Control Panel à Network.

Secara umum proses instalasi berbagai paket program Web server ini sangat sederhana sekali. Biasanya terdiri dari beberapa kali klik next & finish. File HTML yang telah kita edit dapat di letakan di directory yang telah di tentukan sebelumnya. Selanjutnya, situs kita biasanya dapat dilihat menggunakan browser (seperti Internet Explorer) secara local pada alamat http://localhost atau http://127.0.0.1.

Tentunya banyak fasilitas yang di sediakan paket program Web server, terutama untuk menangani programming Common Gateway Interface (CGI), statistik dll. Semua bagian integral dari adminitrasi situs Web.

sumber

https://solopellico3p.com/beli-mobil-bekas/