Teknik Melakukan Penjualan

Teknik Melakukan Penjualan

 Teknik penjualan merupakan cara-cara atau kiat-kiat yang dilakukan oleh penjual dalam rangka meraih konsumen. Ada lima langkah dalam melakukan cara-cara penjualan,[3] yaitu :

  1. Tentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan

Untuk menentukan kebutuhan konsumen haruslah terlebih dahulu diadakan semacam pengamatan atau penelitian sederhana terhadap kebutuhan konsumen, misalnya barang atau jasa apa yang dibutuhkan dan di inginkan konsumen, berapa jumlahnya, siapa yang membutuhkan dan kapan mereka memerlukan.

  1. Pilihlah pasar sasaran khusus.

Ada tiga jenis pasar sasaran khusus, yaitu :

  1. a)Pasar Individual, adalah pasar yang memberikan layan kepada individu-individu tertentu untuk memenuhi kebutuhan secara individual. Jenis pasar ini sangat cocok untuk perusahaan kecil dan menengah.
  2. b)Pasar Khusus, yaitu pasar yang memberikan pelayanan khusus untuk konsumen tertentu, misalnya petani, pegawai negeri, pedagang, dan sebagainya, jenis pasar khusus sangat cocok untuk perusahaan kecil.
  3. c)Pasar tersegmentasi, yaitu pasar yang menyediakan pelayanan bagi kelas konsumen tertentu, misalnya untuk pelanggan kelas berpendapatan tinggi. Kelas pelanggan berpendapatan sedang dan kelas pelanggan berpendapatan rendah. Konsumen dikelompokkan berdasarkan geografis (desa, kota) demografis (jenis kelamin, usia, pendapatan, tingkat pendidikan) dan kelas sosial (tingkat sosial, gaya hidup), serta faktor perilaku.
  1. Tetapkan posisi pasar.

Setelah menentukan sigmentasi pasar, perusahaan harus menentukan posisi pasar yang ingin di duduki segmen tersebut. Menetapkan posisi pasar ialah menyusun produk ditempat yang lebih jelas, khas, sehingga menimbulkan hasrat terhadap produk tersebut dalam pikiran konsumen dari pada produk sejenis yang lain.

  1. Tempatkan strategi penjualan dalam persaingan

Perusahaan harus lebih siap untuk melakukan bauran pemasaran sebagai strategi  dalam pengelolaan perusahaan. Bauran pemasaran adalah kombinasi penawaran produk, penetapan harga, metode promosi, dan sistem distribusi untuk menjangkau kelompok konsumen tertentu.

  1. Pilih strategi penjualan yang paling tepat

Memilih strategi dengan menempatkan keempat bauran pemasaran, produk, harga promosi, dan distribusi untuk melakukan program penjualan harus dilakukan tahap-tahap sebagai berikut :

  1. a)Persiapa sebelum penjualan.

Kegiatan pada tahap ini adalah mempersiapkan tenaga penjualan dengan memberikan pengertian tentang barang yang akan dijual, pasar yang akan dituju dan dan teknik penjualannya.

  1. b)Menentukan lokasi pembeli potensi.

Tahap kedua adalah menentukan lokasi dari segmen pasar yang menjadi sasarannya. Dari lokasi inilah dapat disusun daftar calon pembeli atau pembeli potensial.

  1. c)Pendekatan pendahuluan.

Sebelum melakukan penjualan, penjual harus mempelajari semua masalah tentang calon pembelinya. Selain itu, perlu juga mengetahui tentang produk atau merek apa yang sedang digunakan dan bagaimana reaksi konsumen untuk membeli suatu produk. Beberapa informasi perlu dikumpulkan untuk mendukung panawaran produk kepada pembeli, misalnya, tentang kebiasaan membeli, kegemaran dan kesukaan konsumen. Semuanya merupakan pendekatan pendahuluan terhadap pasarnya.

baca juga :