Tindakan yang diperlukan untuk menyaring budaya Barat

 Tindakan yang diperlukan untuk menyaring budaya Barat

 Tindakan yang diperlukan untuk menyaring budaya Barat

Berbicara tentang tindakan tentu kita langsung berfikir akan langkah/aksi dalam menyikapi keadaan yang sudah menjadi realita tersebut. ternyata kita juga perlu melakukan filterisasi terhadap budaya Barat :

  1. Pembekalan  moral dan nilai-nilai religius sejak dini
  2. Mengenalkan, mengajarkan dan senantiasa memelihara rasa nasionalisme mulai dari hal-hal terkecil yaitu membiasakan memakai produk dalam negeri, mengembangkan minat dalam mempertahankan kesenian daerah dan sebagainya.
  3. Filterisasi diri dalam menyeleksi budaya yang dianggap menyimpang dari susila kapan saja dan dimana saja kita berada.
  4. Pengawasan dini terhadap pengaksesan situs internet, acara televisi dan pergaulan terutama bagi yang masih dibawah umur.

III. Kesimpulan

Budaya adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan. Misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat

ada beberapa faktor yang juga ikut andil dalam meyebarluaskan budaya asing khususnya pengaruh buruk bagi budaya bangsa.

Masuknya unsur-unsur asing yang diadopsi oleh masyarakat disuatu negara dianggap dapat mengancam nilai-nilai, tatanan hidup, gaya hidup, sikap, dan dan pikiran.

ternyata kita juga perlu melakukan filterisasi terhadap budaya Barat salah satunya yaitu Pembekalan  moral dan nilai-nilai religius sejak dini

baca juga :