TUGAS CUSTOMER SERVICE BANK

TUGAS CUSTOMER SERVICE BANK

TUGAS CUSTOMER SERVICE BANK

  1. Menjadi tempat bertanya nasabah, calon nasabah, dan non-nasabah

Tugas utama seorang customer service adalah sebagai pusat informasi bagi pihak yang berkepentingan dengan instansi tempat dia bekerja. Customer service di bank bertugas menjadi tempat bertanya mengenai informasi yang dibutuhkan oleh customer. Mereka harus siap untuk menjawab pertanyaan seputar pembuatan rekening baru, pengurusan rekening hilang, dan informasi mengenai jenis-jenis tabungan yang ditawarkan oleh bank.

  1. Menjadi tempat menampung keluhan nasabah

Customer service juga harus siap menerima banyak keluhan dari nasabah terkait dengan masalah-masalah yang dialami mereka. Masalah-masalah yang biasanya dialami oleh nasabah adalah e-banking tidak berjalan lancar, potongan bulanan yang tiba-tiba naik, atau bisa juga kurang puasnya atas pelayanan pihak bank seperti petugas keamanan maupun teller.

Selain dua hal tersebut, masih banyak tugas yang harus dijalankan oleh seorang customer service. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Melayani nasabah dalam hal pelayanan seperti inkaso, pemindahbukuan, surat referensi bank, transfer, dan lain-lain.
  2. Melayani permintaan pencairan dan penerbitan deposito dari investor
  3. Melayani seorang investor jika mereka menginginkan untuk pindah ke cabang lain
  4. Melayani nasabah mengenai permintaan tembusan rekening giro
  5. Melayani transaksi transfer masuk dan memeriksa kebutuhan tanda bukti dari nasabah dengan pada Surat Pemberitahuan Kiriman Uang (SPUK) serta membubuhkan tanda tangan pada SPUK
  6. Melayani investor yang membutuhkan informasi yang jelas tentang saldo dan juga rekening mutasi miliknya
  7. Menyampaikan usulan tentang pelayanan nasabah kepada manajer pemasaran guna keperluan evaluasi

Baca Juga :