Variabel Masyarakat (Societal Sources) Hubungan Internasional

Variabel Masyarakat (Societal Sources) Hubungan Internasional

Variabel Masyarakat (Societal Sources) Hubungan Internasional

Variabel Societal merupakan aspek non pemerintah yang mempengaruhi negara terhadap lingkungan eksternalnya. Aspek non pemerintah merupakan aspek masyarakat yang berhubungan dengan fungsinya sebagai sumber daya material, tingkat kohesi sosial, tingkat industrialisasi serta usaha lain yang dilakukan oleh masyarakat untuk mempengaruhi perilaku sebuah negara dalam menyikapi kondisi eksternalnya. (Rosenau, 1976:20)

Rosenau mengemukakan sumber-sumber yang turut mempengaruhi pembentukan politik luar negeri suatu negara yang berasal dari sumber societal, yaitu :

  1. a)Economic Development (Pembangunan Ekonomi)

Merupakan tahapan dari pergerakan kegiatan ekonomi suatu negara yang telah bergerak dari sektor pertanian menuju struktur industri yang dijadikan penelitian intensif sebagai sumber kebijakan luar negeri.

  1. b)Cultural and History (Budaya dan warisan sejarah)

Budaya dan warisan sejarah merupakan faktor yang meliputi norma-norma dan tradisi yang mendasari hubungan diantara masyarakat, interpretasi masyarakat terhadap masa lalu dan warisan sejarah.

Faktor budaya dan sejarah bukanlah faktor yang konstan dalam pembentukan suatu politik luar negeri, namun faktor budaya dan sejarah tidak dapat dirubah oleh siapapun

  1. c)Societal Sources (Sumber-sumber Kemasyarakatan)

Struktur sosial dari suatu masyarakat dan berbagai peruahan yang ditimbulkan merupakan faktor yang berpengaruh pada terjadinya tingkatan konflik internal dan harmonisasi dari suatu masyarakat. Hal ini termasuk dalam sebuah input dalam pembuatan suatu politik luar negeri suatu negara.

  1. d)Moods of Opinion

Merupakan suatu pergantian dan pergeseran penilaian masyarakat dalan kondisi eksternalnya. Pembuatan politik luar negeri harus meliputi opini publik yang mengikuti dan mengarahkan proses pembuatan kebijakan bukan berdasarkan rancangan yang ditimbukan oleh aktivitas suatu kelompok tertentu.


Baca Juga :